Selasa, 21 Agustus 2018

Inilah 5 Hal Paling Sulit Dilalui Ketika Berhenti Merokok

Inilah 6 hal yang paling sulit untuk dilalui ketika Anda berhenti merokok.

Suara.Com
Vania Rossa
Ilustrasi berhenti merokok. (Shutterstock)
Ilustrasi berhenti merokok. (Shutterstock)

Suara.com - Berhenti merokok memang sulit. Ini adalah sesuatu yang Anda mungkin berhasil melakukannya di hari pertama, tetapi kemudian harus berjuang keras di hari-hari berikutnya untuk mempertahankan keberhasilan tersebut.

Ini dia 5 hal yang paling sulit untuk dilalui ketika Anda berhenti merokok, seperti dilansir dari laman Metro:

Tiba-tiba saja Anda berubah menjadi pribadi yang berbeda
Perubahan kepribadian ini sifatnya memang sementara. Di satu sisi, Anda begitu bertekad untuk berhenti merokok dengan alasan apa pun. Tapi di sisi lain, otak Anda berpikir bahwa tak ada yang salah dengan merokok.

Di dalam pikiran Anda bergulat percakapan yang aneh. “Saya sudah berhasil tidak merokok selama 4 jam. Boleh, kan, sekarang merokok sebatang?”

Ada saja hal-hal kecil yang memicu emosi Anda
Ketika Anda berhenti merokok, emosi Anda begitu mudah tersulut oleh hal-hal kecil yang terjadi di sekitar Anda. Misal ketika seorang teman bercanda soal usaha Anda berhenti merokok, amarah Anda bisa tiba-tiba meledak.

Sulit untuk dijelaskan apa sebabnya, tapi hal ini mungkin karena sebagian besar otak Anda sedang memikirkan tentang rokok dan sebagian yang lain sedang berusaha keras untuk meredamnya. Sehingga ketika ada orang lain yang meremehkan usaha Anda, Anda pun ‘meledak’.

Waktu favorit untuk merokok
Setiap perokok memiliki waktu favorit untuk menikmati rokoknya, misal di pagi hari bersama dengan segelas kopi. Dan ketika Anda harus melewati waktu tersebut tanpa rokok, Anda akan merasa itu adalah saat-saat yang paling berat.

Aroma rokok
Bagi orang-orang yang bukan perokok, aroma atau asap rokok terasa menyesakkan. Tapi tidak demikian halnya bagi seorang perokok. Ketika mereka mencium aroma tembakau yang manis, ada semacam alarm yang mengingatkannya pada aktivitas merokok.

Teman-teman yang merokok
Inilah salah satu alasan mengapa mantan perokok harus berpisah sementara dengan teman-teman perokoknya. Tetap berkumpul bersama mereka hanya akan membuat keinginan berhenti merokok jadi melemah.

Terpopuler

Terkini