Susah Buang Air Besar? Makan Buah Nanas Saja!

Tak cuma pepaya ternyata nanas juga bisa bantu melancarkan buang air besar.

Suara.Com
Ririn Indriani | Firsta Nodia
Susah Buang Air Besar? Makan Buah Nanas Saja!
Buah Nanas. (Shutterstock)

Suara.com - Selama ini kita menganggap bahwa pepaya adalah satu-satunya buah penolong saat sulit buang air besar (BAB). Kandungan serat dalam pepaya dipercaya dapat melancarkan BAB Anda.

Tapi lupakan pepaya, buah nanas juga dapat melancarkan sistem pencernaan karena kandungan enzim yang disebut bromelain. Enzim ini membantu memecah protein dan melancarkan sistem pencernaan.

Pakar gizi, Maggie Moon, MS, RD bahkan mengatakan nanas memberi efek paling cepat untuk mengatasi BAB dibandingkan sumber serat lainnya. Anda juga tak perlu melahapnya dalam jumlah besar, karena efek ini bisa dirasakan hanya dengan konsumsi nanas 100 gram.

"Itulah sebabnya orang yang diet protein tinggi, seperti Paleo atau Keto, bisa mendapatkan manfaat dari bromelain jika mereka mengalami masalah dalam buang air besar," ujar Moon.

Sifatnya yang dapat memecah protein, membuat bromeilain pada nanas juga dapat digunakan untuk melunakkan daging. Anda hanya perlu memotong kecil nanas dan menaruhnya bersamaan dengan daging yang dipanggang.

"Tapi jangan terlalu lama memasaknya atau daging Anda akan hancur seperti bubur," kata Moon dilansit Medical Daily.

Itulah manfaat nanas yang ternyata bisa membantu melancarkan buang air besar.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini