Anak Down Syndrome Rentan Masalah Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?

Kesehatan rongga mulut anak down syndrome harus menjadi perhatian orangtua.

Suara.Com
Ririn Indriani | Firsta Nodia
Anak Down Syndrome Rentan Masalah Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi anak down syndrome. (Pixabay)

Suara.com - Terlahir dengan kondisi spesial membuat anak dengan kondisi down syndrome membutuhkan perhatian khusus dari orangtua, salah satunya terkait kebersihan rongga mulut dan gigi. Dokter Gigi Kiki Seyla Puar, SpKGA dari RSAB Harapan Kita mengatakan, umumnya kesehatan rongga mulut kurang menjadi prioritas bagi anak dengan down syndrome.

"Perawatan gigi anak down syndrome jarang dilakukan sejak dini, karena ada masalah kesehatan lain yang harus diprioritaskan. Ini yang ingin kita kampanyekan agar lebih banyak orangtua sadar akan kebersihan rongga mulut anak lebih diperhatikan," ujarnya pada temu media Pekan Down Syndrome Day di RSAB Harapan Kita, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Kiki menambahkan kesehatan rongga mulut anak dengan down syndrome harus menjadi perhatian orangtua, mengingat hal ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Apalagi, lanjut dia, anak dengan down syndrome lebih rentan mengalami beragam masalah gigi karena kekebalan tubuhnya.

"Anak down syndrome biasa bernapas dari mulut sehingga anak jadi lebih mudah mengalami radang gusi, tonggos, lidahnya lebar, giginya lancip-lancip. Giginya juga lebih rentan karies karena plak yang menempel akibat jarang disikat," tambah dia.

Kiki menyebut penanganan gigi anak dengan kondisi down syndrome membutuhkan keahlian khusus. Oleh karena itu, ia bersama tim mengikuti pelatihan khusus untuk menangani anak dengan kondisi spesial.

"Dokter yang menangani masalah ini masih sangat rendah. Untuk anak spesial butuh dokter gigi dengan peminatan khusus. Ini yang kita dorong agar dokter gigi menimba ilmu lanjutan untuk turut melayani anak dengan kelainan bawaan ini," tandasnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini