Selasa, 21 Agustus 2018

Lima Kondisi Ini Ternyata Bikin Anda Tidur Mendengkur

Tidur ngorok ternyata bisa dipicu oleh lima kondisi, apa saja?

Suara.Com
Ririn Indriani
Ilustrasi tidur ngorok atau mendengkur. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi tidur ngorok atau mendengkur. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Dok, kalau tidur saya suka ngorok atau mendengkur, apa penyebabnya? Mohon penjelasan dan sarannya. Terima kasih.

SG

Jawab:

Selamat siang Saudara SG,
Ada banyak penyebab mengapa orang bisa tidur ngorok atau mendengkur, mulai dari masalah sederhana yang tidak berbahaya sampai pada masalah yang berbahaya.

1. Struktur Mulut
Lancar tidaknya aliran udara saat bernapas salah satunya dipengaruhi oleh struktur mulut. Orang dengan, pangkal lidah yang tebal akan berisiko tidur mendengkur, karena saluran udara menjadi lebih sempit.

Begitu pula bagi orang yang kelebihan berat umumnya memiliki jaringan tambahan di bagian belakang tenggorokan yang menghambat aliran udara. Berat ringannya alias keras tidaknya suara ngorok akan sesuai dengan seberapa berat sumbatan atau hambatan yang terjadi.

2. Minum Alkohol
Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak sebelum tidur, maka akan cendrung mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi karena alkohol mengurangi ketegangan pada otot bukal, sehingga ketidakmampuan otot-otot yang sama untuk membela diri terhadap penyumbatan saluran napas.

3. Sumbatan Pada Hidung
Penyebab tidur ngorok selanjutnya adalah hidung tersumbat. Seseorang yang mengalami hidung mampet atau semacam deformitas (kelainan bentuk hidung) maka akan memiliki peluang untuk tidur ngorok, karena pada saat tidur maka dia akan cendrung bernapas melalui mulut, apalagi orangnya juga gemuk.

4. Amandel
Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak, yaitu ketika adanya pembesaran amandel saat terjadinya peradangan (radang amandel), selain tidur ngorok bisanya anak juga mengalami demam, malas makan karena tenggorokan sakit, dan sering ngeces karena untuk menelan ludah juga sakit.

5. Tumor
Adanya tumor atau massa jaringan abnormal baik pada hidung ataupun daerah tenggorokan juga dapat mmenjadi penyebab tidur ngorok, melalui mekanisme yang sama seperti telah dijelaskan di atas. Contohnya pada kanker nasofaring.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Qashdina Sutrisni
Sumber: https://meetdoctor.com

Terpopuler

Terkini