Kamis, 13 Desember 2018

Sakit Perut Setelah Berhubungan Seks, Mungkin Ini Penyebabnya

Beberapa perempuan kerap mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit di perut setelah berhubungan seks.

Suara.Com
Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)

Suara.com - Seks seharusnya menjadi sesi yang menyenangkan, tapi beberapa perempuan justru mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit di perut setelah berhubungan seks.

Ada beberapa alasan mengapa banyak perempuan mengalami sakit perut setelah berhubungan seks, yang jika diabaikan, bisa menjadi masalah yang rumit.

Jadi, mengapa perut Anda sakit setelah berhubungan seks dan apa yang bisa dilakukan untuk membebaskan Anda dari kondisi ini? Berikut penjelasannya.

1. Orgasme
Menurut ahli kandungan, ada dua alasan utama di balik kondisi ini. Alasan pertama adalah Anda mengalami orgasme. Mencapai orgasme adalah saat yang menyenangkan tetapi juga menyebabkan kontraksi pada uterus, yang dapat menyebabkan sakit perut pascaseks.

Alasan lain yang bertanggung jawab untuk ini adalah berhubungan seks saat periode ovulasi. Penetrasi mendalam dapat menyebabkan rasa sakit jika ada cairan di daerah panggul, yang dapat disebabkan karena pelepasan telur.

2. Reaksi sperma
Alasan lain yang bisa memicu rasa sakit adalah sperma itu sendiri. Pakar kesehatan mengatakan bahwa sperma bisa menyebabkan iritasi pada uterus, sehingga rahim dapat bereaksi ketika bersentuhan dengan sperma. Ini dapat menyebabkan kontraksi uterus, yang pada gilirannya menyebabkan sakit perut dan kram.

3. Kontak bakteri
Ada kemungkinan bahwa saat berhubungan seksual, bakteri masuk melalui uretra bersama sperma. Ini juga bisa menyebabkan iritasi dan sakit perut.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Jika sakit perut yang Anda alami dikarenakan oleh orgasme, Anda tidak bisa berbuat banyak. Secara otomatis, sakit perut Anda akan membaik setelah otot-otot Anda rileks. Tetapi jika situasinya berlanjut dan Anda mengalami rasa sakit yang parah, hubungi dokter kandungan.

Untuk mencegah bakteri dan menghilangkan iritasi sperma, mandilah setelah berhubungan seks. Ini akan membersihkan sisa-sisa sperma. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ketidaknyamanan ini adalah dengan buang air kecil. Buang air kecil akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra.

Biasanya, rasa sakit setelah bercinta hilang dengan sendirinya dalam waktu yang sangat singkat. Tetapi jika tidak, dan Anda mengalami ketidaknyamanan, itu pertanda Anda perlu ke dokter.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini