Idap Kelainan Langka, Lelaki Ini Tak Bisa Sendawa 34 Tahun

Dalam dunia medis, sendawa merupakan respon tubuh normal.

Suara.Com
Dythia Novianty | Firsta Nodia
Idap Kelainan Langka, Lelaki Ini Tak Bisa Sendawa 34 Tahun
Neil Ribbens. [Twitter/@NeilRibbens]

Suara.com - Sendawa selama ini identik dengan sesuatu yang menjijikkan, apalagi jika dilakukan di depan orang lain. Namun secara medis, sendawa merupakan respon tubuh yang normal untuk mengeluarkan gas berlebih dari dalam tubuh.

Malang bagi Neil Ribbens, lelaki asal Manchester Inggris. Akibat kelainan yang dideritanya sejak bayi, Ia tak bisa sendawa seperti orang pada umumnya. Neil pun punya mimpi sederhana, yakni bisa merasakan nikmatnya sendawa.

Pada The Sun Neil bercerita, sejak bayi Ia memiliki masalah di otot laring. Hal ini membuatnya merasakan mual, terutama setelah makan.

"Ketika mengonsumsi minuman bersoda atau alkohol, saya akan merasa sakit perut dan cegukan terus menerus. Perut saya terasa kembung tapi tak bisa sendawa, ini sangat menyakitkan," ujar Neil.

Akibat tak bisa bersendawa, Neil pun lebih sering mengeluarkan gas berlebih dalam perutnya dengan buang angin. Tak jarang Ia bisa buang angin lebih sering dibandingkan orang pada umumnya. Bahkan, di tempat ramai sekalipun.

Hingga akhirnya, Neil menemukan metode pengobatan yang disebut-sebut ampuh meredakan masalahnya, yakni suntik botox. Metode ini memungkinkan laring Neil lebih longgar dan lentur sehingga Ia bisa mengeluarkan gas lewat mulut seperti orang pada umumnya.

Suntik botox ini ternyata benar-benar berhasil membuat Neil bisa bersendawa. Ia pun sangat senang hingga menyebut sendawa pertamanya sebagai hal yang ajaib. Sejak itu pun Neil tak lagi sering buang angin di tempat umum, karena pengeluaran gas bisa melalui mulutnya.

"Saya tak bisa menyembunyikan perasaan saat ini. Saya lebih percaya diri dan bahagia," tutup Neil.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini