Berapa Batas Aman Konsumsi Minuman Beralkohol? Ini Jawabannya

Adakah batas aman konsumsi minuman beralkohol? Studi yang dilakukan oleh ilmuwan Inggris ini mencoba menjawabnya.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Berapa Batas Aman Konsumsi Minuman Beralkohol? Ini Jawabannya
Ilustrasi minuman beralkohol. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi dari Inggris menyebut ilmuwan sepakat bahwa tidak ada batas aman untuk mengonsumsi minumal beralkohol. Tak ada lagi alasan kesehatan yang menyebut konsumsi minuman beralkohol aman dalam batas-batas tertentu.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet, ilmuwan dari University of Washington dan Imperial College London meneliti data konsumsi alkohol dari 195 negara sejak tahun 1990 hingga tahun 2016.

Ditemukan bahwa konsumsi satu gelas minuman beralkohol saja per hari mampu meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker, hingga risiko cedera dan kecelakaan.

BACA JUGA: Hindari Makan Nasi Goreng Dengan Timun!

"Satu gelas per hari mungkin tidak menggambarkan risiko bahaya, tapi jika disesuaikan dengan populasi Inggris secara keseluruhan, jumlah konsumsi alkohol yang diminum menjadi angka yang lebih besar," ujar Sonia Saxena dari Imperial College London, dikutip dari BBC, Selasa (4/9/2018).

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr Max Griswold dari Institute for Health Metrics and Evaluation, University of Washington. Ia menyebut penelitian sebelumnya sudah banyak yang mengungkap bahaya alkohol.

BACA JUGA: Benarkah Wanita dengan Bokong Besar Lebih Cerdas dan Sehat?

Hanya saja, konsumsi minuman beralkohol masih jadi bagian dari budaya masyarakat Eropa. Ia pun mengakui tidak mudah mengubah budaya konsumsi minuman beralkohol di masyarakat Eropa.

"Konsumsi minuman beralkohol memiliki kaitan kuat dengan risiko kanker, cedera dan kecelakaan, serta penyakit infeksi dan jantung," tutupnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini