alexametrics

Yoga Bareng Bayi, Trik Ibu untuk Jaga Kebugaran Pasca Melahirkan

Ibu ingin menjaga kebugaran pasca melahirkan, yoga bareng bayi solusinya.

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Yoga Bareng Bayi, Trik Ibu untuk Jaga Kebugaran Pasca Melahirkan
Yoga bareng bayi, solusi ibu untuk jaga kebugaran pasca melahirkan. (Shutterstock)

Suara.com - Menjaga kebugaran sambil menjaga bayi, bisa banget, yoga bareng bayi solusinya. Ibu yang baru saja melahirkan bisa saja merasa kini tak lagi memiliki waktu dan tenaga untuk melakukan aktivitas fisik.

Selain kelelahan, ibu juga kehilangan motivasi karena waktu tidur yang berantakan akibat menjaga bayi.

Tia Pratignyo pendiri komunitas Nujuhbulan Studio mengungkap bahwa sebenarnya ibu bisa lho melakukan yoga bareng bayi agar lebih bersemangat menjaga kebugaran.

Setiap ibu tentu memiliki waktu pemulihan yang berbeda-beda pasca melahirkan. Jika tertarik untuk melakukan yoga bareng bayi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter.

Namun secara umum, untuk ibu yang melahirkan secara normal, Anda bisa memulai yoga bareng bayi 6 minggu pasca melahirkan. Jika ibu melahirkan secara caesar, yoga bareng bayi bisa dilakukan setelah 8 minggu.

"Kadang setelah melahirkan. Banyak ibu yang ingin bergerak lagi, olahraga atau yoga. Tetapi tidak banyak tempat yang mempersilahkan untuk ibu bawa bayi atau anak-anaknya saat yoga. Sedangkan kami di Nujuhbulan Studio, mempersilahkan ibu untuk ayo bawa bayinya," jelas Tia beberapa waktu lalu pada Suara.com.

Nah, untuk melakukan yoga bareng bayi, ada beberapa contoh posisi yoga yang bisa Anda latih bersama sang buah hati. Beberapa posisi bahkan bisa Anda lakukan bersamaan sembari menyusui buah hati.

Contohnya, seperti Cat Cow Pose. Di mana Anda bisa membaringkan bayi di hadapan Anda, di atas mat yoga atau alas yang lebih nyaman. Pose ini bagus untuk memanjangkan tulang belakang dan memperkuat otot inti. Anda bisa menatap dan bertukar ekspresi wajah saat sedang menghirup dan membuang nafas pada pose ini. Jadi pastikan kepala Anda sejajar dengan posisi kepala bayi.

Selain itu ada pula Downward Facing Dog. Sama seperti Cat Cow Pose, letakkan bayi di atas mat yoga di hadapan Anda. Lalu bawa tubuh Anda kepada posisi Table Top, dan letakkan kepala sejajar dengan posisi kepala bayi. Angkat lutut Anda memasuki posisi Downdog sembari bertukar ekspresi atau mencium bayi Anda. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih dan memperkuat bagian tangan, bahu dan lengan.

Selain dua pose di atas, ada pula Squatting Pose, Putar Panggul, dan Bridge Pose yang seluruhnya, kata Tia dapat dilakukan dengan cara yang sama, yakni melibatkan bayi dalam setiap gerakan-gerakan Anda.

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini

Loading...
Berita Lainnya
Berita Lainnya