Disangka Epilepsi, Ternyata Ada Cacing Pita di Otak Lelaki Ini

Diduga cacing pita yang ada di otak akibat Wang Chunliang makan makanan yang terkontaminasi cacing tersebut.

Suara.Com
Ririn Indriani | Risna Halidi
Disangka Epilepsi, Ternyata Ada Cacing Pita di Otak Lelaki Ini
Ilustrasi Cacing pita di otak manusia. (National Pictures/National News and Pictures)

Suara.com - Seorang laki-laki asal Cina berusia 26 tahun mengalami epilepsi secara tiba-tiba, dan ketika diperiksa, dokter menemukan cacing pita hidup berukuran 10 cm bersarang di otaknya.

Dokter menduga, parasit tersebut hidup dan tinggal di otak, karena ia doyan makan makanan yang kurang matang atau terkontaminasi cacing pita.

Wang Chunliang, yang melakukan prosedur operasi mengatakan bahwa hasil tes darah positif tentang adanya cacing besar yang bersarang di otak.

"Cacing itu masih hidup ketika kami mengeluarkannya. Cacing sangat kenyal, putih, dan bisa berenang," kata Wang kepada South China Morning Post dikutip dari Mirror.

Akhirnya, para spesialis di Rumah Sakit Afiliasi Universitas Nanchang berhasil mengeluarkan cacing pita dari lelaki yang teridentifikasi dengan nama keluarga Liu itu.

Seorang ahli bernama Guo Hui, yang mengepalai Pusat Neuromedis Shanghai mengatakan kepada South China Morning Post, kejadian seperti ini bisa terjadi karena kasus-kasus di mana seseorang secara teratur makan daging dan makan makanan laut yang mentah atau setengah matang.

Cacing atau telur yang tidak mati dan tidak dimasak dapat melakukan perjalanan melalui darah, mencapai otak atau organ lain. Itulah kisah Wang yang awalnya disangka menderita epilepsi, ternyata ditemukan cacing pita di otaknya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini