Kebiasaan Orangtua yang Berdampak Buruk bagi Perilaku Anak

Memanjakan anak dengan segudang barang mewah memang tidak salah. Tapi jangan berlebihan

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Kebiasaan Orangtua yang Berdampak Buruk bagi Perilaku Anak
Ilustrasi anak sedang memegang ponsel. [Shutterstock]

Suara.com - Orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Karena itu jika ingin memiliki anak dengan perilaku yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dulu. Sebagian orangtua memiliki kebiasaan buruk yang berpengaruh buruk pula pada anak.

Semua orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tak jarang hal itu membuat mereka memberikan segala fasilitas yang mungkin terkesan mewah sebagai penunjang aktivitas harian buah hati.

Padahal hal itu tak selamanya berdampak baik bagi anak. Nah, berikut telah dirangkum apa saja kebiasaan orangtua yang dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

1. Memberikan barang mewah

Ilustrasi anak laki-laki bermain ponsel (Shutterstock)
Ilustrasi anak laki-laki bermain ponsel (Shutterstock)

Memanjakan anak dengan segudang barang mewah memang tidak salah. Tapi jangan berlebihan karena ini bisa membuat anak manja dan memiliki sifat materialistis. Sebaliknya ajarkan anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah ia miliki.


2. Membiarkan anak bermain gadget

Membiarkan anak bermain gadget merupakan cara instan para orangtua supaya anak mau duduk manis dan tenang. Padahal penggunaan gadget bisa berdampak buruk bagi perkembangan si kecil.

Ia akan menjadi acuh dengan lingkungan sekitar, kurang bersosialisasi, hanya fokus pada gadget, dan bukan tak mungkin membuatnya malas belajar. Maka dari itu sebaiknya hindari si kecil bermain gadget. Jikalau memang tidak bisa, batasi dan selalu awasi penggunannya. Nah apa selanjutya, baca artikel sambungannya di bawah ini.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini