Muncul Penyakit Misterius Mirip Polio di Amerika Serikat

Bukan polio, tapi penyakit misterius ini bisa menyebabkan pengidapnya lumpuh.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Muncul Penyakit Misterius Mirip Polio di Amerika Serikat
Penyakit misterius mirip polio muncul di Amerika Serikat. (Shutterstock)

Suara.com - Penyakit misterius nan langka muncul di Amerika Serikat. Disebut membuat pengidapnya lumpuh dan tak bisa bergerak, penyakit ini memiliki gejala mirip polio.

Data dari Centers for Disease Control and Prevention menyebut sepanjang tahun 2018, ditemukan 127 pengidap penyakit yang diketahui bernama acute flaccid myelitis (AFM) ini.

"Angka kejadian AFM per tahun biasanya hanya 1 berbanding satu juta. CDC sudah memonitor penyakit ini sejak tahun 2018, namun belum mengetahui apa penyebabnya menjadi mewabah tahun ini," ujar Dr. Nancy Messonnier, direktur National Center for Immunization and Respiratory Diseases dari CDC, dikutip dari CNN.

AFM sering dikira polio karena sama-sama bisa menyebabkan kelumpuhan. Namun jika polio disebabkan oleh virus, AFM hingga kini belum diketahui apa penyebab pastinya.

"Mungkin AFM disebabkan oleh virus, mungkin juga karena senyawa lain, atau bahkan karena autoimun. Yang pasti, AFM bukan disebabkan oleh virus polio," tandasnya lagi.

Uniknya, AFM juga diketahui banyak menyerang warga negara Amerika Serikat di pergantian musim panas menuju musim gugur.

Hal ini menimbulkan teori bahwa AFM berhubungan dengan perubahan cuaca dan iklim. Messonnier mengatakan meski AFM tidak hanya ditemukan di Amerika Serikat, namun tingginya angka kejadian di waktu-waktu tersebut memerlukan pemeriksaan lanjutan.

Soal keparahan pun masih misterius. Tidak seperti polio yang menyebabkan kelumpuhan dan bisa menghilangkan nyawa, sejauh ini belum ada pasien AFM yang tercacat meninggal dunia.

"Kami masih meneliti apa dampaknya dalam waktu jangka panjang terhadap tubuh manusia. Jika Anda atau keluarga mengalami kelemahan otot kaki, dan tiba-tiba sulit berjalan, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat," tutupnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini