Sering Lupa? 5 Makanan Ini Bantu Pertajam Daya Ingatan Anda

Ini makanan yang dapat pertajam ingatan lho!

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Sering Lupa? 5 Makanan Ini Bantu Pertajam Daya Ingatan Anda
Ilustrasi pertajam ingatan dengan makanan. (Shutterstock)

Suara.com - Memiliki daya ingat yang tajam adalah impian semua orang, baik tua maupun muda, namun, seiring bertambahnya usia daya ingat akan melemah dan ada makanan yang dapat pertajam ingatan.

Berikut 5 makanan yang mampu meningkatkan daya ingat seperti dilansir Wonderlist, Kamis (22/11/2018).

Basil Kudus

Basil Kudus adalah ramuan yang dapat menyembuhkan banyak penyakit psikis. Cara kerjanya adalah meningkatkan aliran darah ke otak, yang berkhasiat mempertajam konsentrasi dan kekuatan otak. Ramuan Ayurvedic ini mudah ditemui di kawasan Asia Selatan.

Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi stres dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. Minum basil kudus secara teratur untuk merangsang kekuatan mental dan menciptakan efek menenangkan di tubuh dan pikiran.

Minyak kelapa

Medium Chain Trigliserida (MCT) adalah jenis lemak paling penting dalam minyak kelapa. MCT dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif pada orang lanjut usia yang menderita penyakit Alzheimer. Pada 2004, sebuah penelitian menemukan, dalam jumlah yang sangat sedikit, hanya 40 ml minyak kelapa membantu meningkatkan gangguan memori yang diderita seseorang. MCT bertindak sebagai bahan bakar untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kekuatan otak.

Telur

Kuning telur mengandung sejumlah asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kekuatan otak bagi tumbuh kembang anak-anak. Telur juga mengandung kolin, yang digunakan otak untuk membuat asetilkolin serta neurotransmitter yang dapat meningkatkan komunikasi sel otak dan meningkatkan memori.

Peppermint

Peppermint dapat mengatasi masalah perut dan pencernaan termasuk keasaman. Ini adalah makanan super yang mengandung fitonutrien esensial, asam lemak dan amino, yang dapat menstimulasi fungsi otak. Peppermint juga kaya nutrisi penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, folat, vitamin C dan A, dan banyak lagi.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat sebagai antioksidan kuat yang menjaga radikal bebas menjauh dari tubuh Anda. Ini menawarkan banyak manfaat kesehatan. Dapat mengurangi kadar lemak di tubuh Anda dan juga mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Selanjutnya, teh hijau mengandung L-theanine, asam amino, yang menciptakan efek menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tingkat stres. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan cara kerja otak Anda dan membantu menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan demensia.

Jadi pertajam ingatan Anda dengan mencoba konsumsi makanan di atas. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini