Rabu, 12 Desember 2018

Kenali, 5 Gejala Tak Terduga Liver Tidak Sehat

Gejala liver tidak sehat sering kali dianggap sepele, karena dianggap tidak berbahaya.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Kenali gejala-gejala liver tidak sehat. (Shutterstock)
Kenali gejala-gejala liver tidak sehat. (Shutterstock)

Suara.com - Gejala livertidak sehat sering kali dianggap sepele, karena dianggap tidak berbahaya.

Padahal,liver tidak sehatbisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari konsumsi alkohol, kebiasaan begadang, hingga penyakit infeksi seperti hepatitis.

Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja gejala tak terduga yang menandakan liver tidak sehat. Apa saja?

1. Gatal di kulit

Dilansir Health24, gejala paling umum yang dirasakan saat liver tidak sehat adalah gatal-gatal di kulit. Hal ini terjadi karena adanya cairan empedu di peredaran darah.

Ketika liver rusak, kantong empedu mengalami gangguan fungsi, sehingga cairan empedu bisa mengalir di dalam darah dan menumpuk di bawah kulit. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa gatal.

2. Angioma

Angioma merupakan istilah bagi pembuluh darah yang terlihat jelas di kulit. Pada beberapa kasus liver tidak sehat, pembuluh darah di bawah kulit bisa timbul karena tingginya kadar hormon oestrogen, akibat fungsi liver yang terganggu.

3. Memar

Bukan dijilat jin, memar tanpa sebab di kulit juga merupakan penanda liver tidak sehat. Protein yang dibutuhkan untuk menghentikan perdarahan tidak diproduksi dengan cukup karena liver rusak, sehingga memar gampang terjadi.

4. Bau mulut

Bau mulut dan napas tak sedap terjadi akibat tingginya kadar dimethyl sulphide, zat yang muncul di tubuh ketika liver tidak sehat dan penyakit sirosis menyerang.

5. Sulit konsentrasi

Susah fokus dan sulit konsentrasi bisa menandakan tingginya kadar racun dalam darah, akibat konsentrasi oksigen yang berkurang. Salah satu penyebabnya adalah liver tidak sehat sehingga fungsi penyaringan racun tidak berjalan dengan baik.

Nah, itulah 5 tanda liver tidak sehat yang bisa saja Anda sepelekan, padahal perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini