Suka Mencicipi Adonan Kue Mentah? Bisa Picu Penyakit Ini, Lho

Adonan kue mentah bisa memicu Anda terinfeksi bakteri.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Suka Mencicipi Adonan Kue Mentah? Bisa Picu Penyakit Ini, Lho
Hati-hati mencicipi adonan mentah bisa memicu penyakit. (Shutterstock)

Suara.com - Perayaan Natal tak hanya diramaikan dengan ornamen pohon natal dan lonceng, tapi juga sajian khas seperti kue maupun cookies, dan ketika Anda sedang membuat kue pastikan tidak tergelitik untuk mencicipi adonan kue mentah, ya, karena bisa memicu penyakit lho!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melaporkan mencicipi adonan kue yang belum matang bisa menempatkan Anda pada risiko terinfeksi bakteri Salmonella.

"Ketika Anda mencicipi adonan kue mentah, hal ini bisa membuat Anda sakit," ujar Lindsay Malone, ahli gizi di klinik Cleveland dilansir Medical Daily.

Menurut dia, hal ini berasal dari telur mentah yang dicampurkan dalam adonan kue mentah. Telur sendiri diketahui merupakan sumber infeksi Salmonella.

"Ketika Anda membuat kue, seringkali resepnya mengandung telur mentah. Mengonsumsi telur mentah sendiri dapat menempatkan Anda pada risiko keracunan Salmonella," tambah dia.

Tapi telur bukan satu-satunya penyebab keracunan yang diperingatkan oleh ahli keamanan pangan. Ternyata, tepung juga dapat mengandung bakteri berbahaya, terutama Escherichia coli atau E.coli. Bahkan, wabah E. coli yang terdapat dalam tepung mentah telah menyebabkan keracunan pada lebih dari 60 orang di Amerika Serikat pada 2016.

CDC sendiri menjelaskan bagaimana tepung dibuat dari biji-bijian yang diperoleh di ladang. Di sini, gandum dapat terkontaminasi oleh paparan atau kontak dengan kotoran hewan. Sementara itu, dalam proses pembuatan tepung di industri tidak menjamin terlindungi dari bakteri.

"Tepung mentah adalah produk mentah, dan tidak melalui perawatan tertentu untuk membebaskannya dari bakteri," kata Benjamin Chapman, asisten profesor dan spesialis ekstensi keamanan makanan di North Carolina State University.

Untuk mengurangi risiko ini, pastikan untuk mencuci tangan dan meja dapur sebelum dan sesudah mengolah tepung. Oleh karena itu, Benjamin menyarankan Anda untuk menyimpan tepung mentah secara terpisah dari makanan matang.

Itulah penjelasan tentang bahaya mencicipi adonan kue mentah bisa memicu penyakit.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini