Jangan Panik, Begini Caranya Mengatasi Daya Ingat Buruk

Biar Anda tidak mudah lupa terus-menerus.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa
Jangan Panik, Begini Caranya Mengatasi Daya Ingat Buruk
Ilustrasi orang pelupa. (Shutterstock)

Suara.com - Orang yang merasa punya daya ingat buruk kebanyakan memilih mencatat segala hal agar tidak mudah lupa. Namun, ternyata adalah cara yang lebih efektif.

Sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Experimental Aging Research mengungkap cara yang lebih efektif untuk menjaga daya ingat, yakni menggambar.

Menggambar disebut akan memaksa otak bekerja lebih dengan memproses informasi visual sekaligus menerjemahkan makna kata menjadi gambar.

''Kami pikir pendekatan beragam aspek ini menggunakan teknik menggambar, menguntungkan memori dan otak,'' kata Melissa Meade, kandidat doktoral Ilmu Saraf Kognitif di University of Waterloo Kanada kepada Time.

Ia kemudian menjelaskan bahwa pendekatan ini baik untuk orang dewasa dan yang lebih tua. Hal itu mengingat banyak perubahan terjadi pada bagian otak yang terlibat dalam fungsi memori dan pemrosesan bahasa.

Di sisi lain, tidak banyak perubahan di bagian otak yang terlibat pada proses sensorik informasi visual. Jadi, menggambar dapat mengambil keuntungan dari "daerah otak yang relatif terawat baik" serta meningkatkan memori.

Meade dan pembimbingnya, Profesor Psikologi University of Waterloo Myra Fernandes, mengkonfirmasi hasil ini dalam serangkaian percobaan yang melibatkan 48 orang dewasa, mulai dari mahasiswa tingkat sarjana hingga mereka yang berusia 80-an tahun.

Ilustrasi orang pelupa. (Shutterstock)

Hasilnya, orang dewasa yang lebih tua diketahui lebih sedikit mengingat kata-kata daripada orang dewasa berusia lebih muda. Namun, para peneliti menemukan bahwa kedua kelompok umur itu lebih mengingat kata-kata yang mereka gambar dibanding yang ditulis.

Para peneliti menemukan menggambar adalah alat menghafal yang lebih baik, terlepas dari kualitas gambar atau berapa lama seseorang selesai melakukannya.

Nah, bagi Anda yang merasa memiliki daya ingat buruk, sebaiknya jangan cuma ditulis atau dicatat biar tidak mudah lupa akan hal penting, ya. Cobalah untuk menggambar hal atau objek bersangkutan.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini