6 Manfaat Jahe, Redakan Nyeri Haid Hingga Turunkan Kolesterol

Tak cuma satu, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lelaki maupun perempuan. Apa saja?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
6 Manfaat Jahe, Redakan Nyeri Haid Hingga Turunkan Kolesterol
Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Shutterstock)

Suara.com - Penggunaan jahe sebagai obat herbal sudah dikenal dari Cina, India, hingga Indonesia. Penelitian ilmiah pun membuktikan manfaat jahe bukan omong kosong.

Tak cuma satu, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lelaki maupun perempuan, di antaranya meredakan nyeri haid hingga menurunkan kolesterol.

Karena Ansel, pakar kesehatan sekaligus penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging Stay Younger Live Longer menuliskan manfaat jahe. Dilansir Health24, berikut daftar lengkap manfaat super jahe yang sudah dibuktikan secara ilmiah:

1. Nyeri haid

Nyeri haid terjadi karena adanya peradangan. Nah, konsumsi jahe bisa meredakan nyeri karena mengandung gingerols, zat aktif pada jahe yang mampu meredakan nyeri akibat peradangan.

2. Gatal-gatal

Sering gatal-gatal dan muncul ruam merah di kulit? Air rebusan jahe bermanfaat untuk membantu meredakan gatal sekaligus mengatasi kulit merah.

3. Awet muda

Tinggi kandungan antioksidan, jahe yang ditumbuk halus dan dijadikan masker wajah bisa bermanfaat untuk membuat kulit cerah dan tampak awet muda.

4. Pencernaan

Secangkir teh jahe mampu mengatasi keluhan sembelit ringan. Jahe juga baik mengatasi perut kembung dan begah, dan menghilangkan mual.

Teh jahe, olahan jahe yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. (Shutterstock)
Teh jahe, olahan jahe yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. (Shutterstock)

5. Sistem kekebalan tubuh

Sebagai obat herbal, rebusan jahe disebut baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Jahe bermanfaat untuk mengatasi infeksi bakteri, virus, hingga jamur yang bisa bikin sakit.

6. Kolesterol

Konsumsi jahe baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi menyebut konsumsi 3 sendok teh jahe tiga kali sehari baik untuk tubuh.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini