Ilmuwan Kembangkan VR Untuk Lacak Sel Kanker

Kelak, sel kanker bisa dilacar lewat virtual reality atau VR.

Suara.Com
Vania Rossa | Risna Halidi
Ilmuwan Kembangkan VR Untuk Lacak Sel Kanker
Ilustrasi VR Untuk lacak sel kanker. (Shutterstock)

Suara.com - Para ilmuwan dari Universitas Cambridge membuat model virtual reality atau VR 3D yang dibuat khusus untuk melacak sel kanker.

Diberi nama The Tumour, alat tersebut dibuat untuk memelajari dan memetakan sel kanker di tubuh pasien dari berbagai sudut.

Kata para peneliti, alat itu juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker dan membantu mencari pengobatan kanker.

Alat tersebut merupakan proyek rembukan internasional bertajuk CRUK's Grand Challenge Awards.

"Tidak ada yang pernah memeriksa geografi tumor sedetail ini sebelumnya, ini cara baru melihat kanker," kata Direktur Cancer Research UK Cambridge Institute (CRUK), Prof Greg Hannon.

Di dalam laboratorium 'virtual', pasien kanker dianggap sebagai avatar, sementara kanker digambarkan sebagai gelembung berwarna.

Dan meski sampel jaringan manusia sangat amat kecil, tapi di dalam laboratorium virtual ini jaringan bisa diperbesar hingga tampak beberapa meter.

Untuk mengeksplorasi tumor secara lebih rinci, sistem pada VR memungkinkan para ilmuwan untuk 'menjelajah' sel dalam tubuh manusia.

Ketika Prof Hannon menggunakan alat VR, ia menunjuk pada sekelompok sel kanker yang menyebar dan terpisah dari kelompok utama. "Di sini Anda dapat melihat beberapa sel tumor yang lepas. Ini mungkin titik di mana kanker akan menyebar ke jaringan di sekitarnya dan menjadi sangat berbahaya. Memeriksa tumor dalam bentuk 3D memungkinkan kita menangkap momen ini," kata Prof Hannon.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini