Manfaat Minum Teh Hijau Bisa Bikin Cepat Hamil?

Benarkah teh hijau bisa meningkatkan kesuburan perempuan agar cepat hamil?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Manfaat Minum Teh Hijau Bisa Bikin Cepat Hamil?
Ilustrasi teh hijau bermanfaat untuk perempuan hamil. (Sumber: Shuttertsock)

Suara.com - Pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan banyak mendengar dan menerima masukan untuk mengonsumsi suatu makanan, termasuk teh hijau yang dianggap baik untuk meningkatkan kesuburan perempuan agar cepat hamil.

Namun, penelitian lain justru berargumen sebaliknya lho.

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi seperti katekin dan theobromine. Teh hijau bahkan mengandung hingga sekitar 30-40% polifenol, yang efek antioksidannya paling kuat di antara jenis lainnya.

Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat alami, dan magnesium yang sama-sama penting bagi kesehatan tubuh dilansir Hello Sehat.

Sejumlah penelitian skala kecil melaporkan bahwa rutin minum secangkir teh hijau setiap hari dapat meningkatkan peluang cepat hamil hingga dua kali lipat. Para pakar menduga bahwa khasiaat teh hijau satu ini datang dari senyawa aktif yang mungkin menguntungkan bagi wanita yang mencoba hamil.

Polifenol juga diduga kuat dapat memperbaiki ovulasi wanita untuk melepaskan sel telur.

Meski beberapa penelitian melaporkan bahwa teh hijau dapat membantu perempuan supaya cepat hamil, ada segelintir penelitian lainnya yang berpendapat sebaliknya. Peneliti menyimpulkan bahwa rutin minum teh hijau justru mempersempit peluang wanita untuk hamil. Teori berlawanan ini datang dari efek kafein yang terkandung dalam teh hijau.

Teh hijau memang cukup tinggi kafeinnya. Satu cangkir teh hijau bisa mengandung sekitar 100-200 mg kafein. Sebuah penelitian melaporkan bahwa asupan lebih dari 300 miligram (mg) kafein setiap hari meningkatkan risiko ukuran janin dalam kandungan jadi lebih kecil daripada seharusnya.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau rutin selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi cacat lahir dan keguguran.

Sampai saat ini, pakar kesehatan dari berbagai belahan dunia belum bisa menyepakati apakah khasiat teh hijau benar-benar bermanfaat untuk perempuan yang berniat mencoba hamil, atau malah sebaliknya.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak dibolehkan minum teh hijau jika sedang atau mencoba hamil. Anda hanya harus lebih bijak mengatur porsinya dengan mempertimbangkan manfaat dan risikonya.

Menurut American College of Obstetrics and Gynecology dan para ahli lainnya, asupan kafein yang disarankan untuk wanita usia subur harus kurang dari 200 mg per hari.

Jika Anda mencoba untuk hamil dengan minum teh hijau selama 1 tahun atau lebih namun tidak berhasil, atau menstruasi Anda tidak teratur, sebaiknya Anda perlu konsultasi dengan spesialis kesuburan untuk mendapatkan solusi dan perawatan yang tepat.

Jadi konsumsi teh hijau cukup baik untuk perempuan agar cepat hamil namun juga harus memperhatikan porsinya untuk tidak mendapatkan kafein yang berlebih dan tidak baik untuk perempuan yang mengingikan kehamilan. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini