Awas! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Apa saja lima kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin berat badan naik? Baca artikel ini.

Suara.Com
Ririn Indriani
Awas! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik
Masih tidur di pagi hari tidak baik bagi kesehatan, karena Anda tidak akan merasakan manfaat paparan sinar matahari pagi yang dapat membantu menurunkan berat badan. (Shutterstock)

Suara.com - Mungkin selama ini Anda belum tahu atau tidak menyadari kalau ternyata ada beberapa kebiasaan di pagi hari bisa mempengaruhi berat badan.

Nah, bila saat ini Anda merasa sudah diet, tetapi berat badan belum juga turun atau malah tetap naik, bisa jadi penyebabnya di kebiasaan Anda di pagi hari.

Mau tahu apa saja kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin berat badan naik? Berikut yang dirangkum Himedik dilansir dari Providr:

1. Kurang sinar matahari
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal PLOS One, kalau Anda masih tidur di pagi hari, maka Anda tidak akan merasakan manfaat dari paparan sinar matahari pagi yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Hasil studi menunjukkan, orang yang terkena sinar matahari pagi segera setelah bangun tidur memiliki indeks massa tubuh atau BMI lebih rendah daripada mereka yang tidak. Disebutkan pula dalam studi tersebut bahwa mendapat sinar matahari di pagi hari selama 20 sampai 30 menit sudah lebih dari cukup untuk memengaruhi BMI-mu.

2. Menekan 'snooze' alarm
Ahli gizi dan olahraga Kathleen Alleaume mengatakan, kurang tidur memengaruhi konsentrasi, sehingga Anda akan lebih memungkinkan untuk makan junk food. Namun, tidur terlalu lama setelah berkali-kali menekan tombol 'snooze' alarm pun punya pengaruh serupa.

Efek itu disebabkan oleh tubuh yang jadi tidak bisa menyinkronkan sistemnya dengan waktu yang sesuai. Hal ini pun memicu naik-turunnya gula darah dan naiknya berat badan.

Selanjutnya chevron_right

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini