Ini Daftar 18 Rumah Sakit yang Tidak Lagi Melayani BPJS Kesehatan

Rumah sakit mana saja yang sudah tidak melayani BPJS Kesehatan? Berikut daftarnya.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Ini Daftar 18 Rumah Sakit yang Tidak Lagi Melayani BPJS Kesehatan
Ilustrasi rumah sakit yang tak lagi melayani BPJS Kesehatan.

Suara.com - Di awal 2019 publik dibuat geger soal banyaknya rumah sakit yang tidak lagi menggunakan BPJS alias memutuskan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Diinformasikan bahwa per 1 Januari 2019 banyak sekali rumah sakit yang belum dapat memperpanjang kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ini terjadi, karena rumah sakit tersebut tidak memenuhi akreditasi yang distandarisasi oleh Kementerian Kesehatan.

Akibatnya pasien-pasien yang biasa berobat ke rumah sakit yang belum diakreditasi harus dialihkan ke rumah sakit lain yang masih bisa melayani BPJS Kesehatan.

“Akreditasi sesuai regulasi adalah syarat wajib. Diharapkan rumah sakit dapat memenuhi syarat tersebut. Sesuai dengan Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan di pasal 67 untuk fasilitas kesehatan swasta yang memenuhi persyaratan dapat menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan ketentuan persyaratan diatur dalam Peraturan Menteri,” jelas Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf dalam siaran persnya, Kamis (3/1/2019) dilansir dari situs bpjs-kesehatan.go.id.

Lebih lanjut Iqbal membantah adanya anggapan bahwa penghentian kontrak kerja sama dikaitkan dengan kondisi defisit BPJS Kesehatan. 

"Kami sampaikan informasi tersebut tidak benar, bukan di situ masalahnya. Sampai saat ini pembayaran oleh BPJS Kesehatan tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila ada fasilitas kesehatan yang belum terbayarkan oleh BPJS Kesehatan, rumah sakit dapat menggunakan skema supply chain financing dari pihak ke -3 yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," terang Iqbal panjang lebar.

Lantas, Rumah sakit mana saja yang sudah tidak melayani BPJS? Berikut daftarnya.

Jawa Barat

1. RS Citama, Bogor
2. RS Bina Husada, Bogor
3. RSU Annisa, Bogor
4. RS DR. Sismadi, Bogor
5. RSIA Permata Pertiwi, Bogor
6. RS Asysyifaa, Bogor

Jawa Timur

1. RS Petrokimia Gresik
2. RS Siloam Jember
3. RS Bhakti Persada Magetan
4. RS Anna Medika Bangkalan
5. RS Husada Utama Surabaya
6. RSUD Lawang, Malang
7. RSIA Puri Malang
8. RSUS Kanjuruhan, Malang
9. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang
10. RSUD Grati Pasuruan
11. RS Citra Medika Sidoarjo
12. RS Umar Bawean, Gresik

Itulah 18 rumah sakit di Jawa Barat dan Jawa Timur yang sudah putus kerja sama atau sudah tidak lagi melayani BPJS Kesehatan

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini