Sabtu, 19 Januari 2019

Doyan Makan Wortel, Ini Dia 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan wortel? Berbahagialah, tandanya Anda termasuk orang-orang yang mendapat manfaat kesehatan.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Doyan Makan Wortel, Ini Dia 5 Manfaat Bagi Kesehatan
Makan wortel punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)

Suara.com - Siapa yang suka makan wortel ? Berbahagialah, tandanya Anda termasuk orang-orang yang mendapat manfaat kesehatan .

Wortel merupakan sayuran yang bisa disantap melalui makanan seperti sop, dan juga enak jika dijadikan jus.

Laman Medical Daily menyebut setidaknya ada 5 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat jika sering makan wortel . Apa saja?

1. Jantung sehat

Wortel tinggi serat larut. Tanaman ini dapat mengurangi kadar LDL dan meningkatkan HDL dalam darah kita. Ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah yang terkait komplikasi jantung.

"Wortel dapat mengurangi kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah, dan beberapa penelitian mengatakan wortel bisa membantu mencegah stroke," kata Dr. Martha Gulati, MD, direktur departemen kardiologi di University of Arizona.

2. Baik untuk mata

Sebenarnya, wortel tidak memperbaiki penglihatan namun memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, satu cangkir wortel bisa mengandung lebih dari 26 ribu nutrisi.

Ilustrasi makan wortel. (Sumber: Shutterstock)
Makan wortel punya banyak manfaat bagi kesehatan. (Sumber: Shutterstock)

3. Pencegahan penyakit

Sama seperti bayam, wortel yang sudah dimasak bisa memberikan dorongan antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan wortel mentah.

Nutrisi dalam wortel isa memperlambat penuaan sel dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Menurut BitroMD, paparan radikal bebas dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai kondisi seperti kardiovaskular, kanker, alzheimer dan sebagainya.

4. Rendah kalori

Wortel merupakan camilan yang cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Satu wortel ukuran medium bisa mengandung 25 kalori. Beberapa penelitian menyatakan mengunyah wortel mampu mengurangi keinginan untuk makan makanan cepat saji.

5. Penyembuhan luka

Selain vitamin A, wortel juga kaya antioksidan dan vitamin C. Kata ahli diet terdaftar Lisa Samuels, vitamin C penting dalam penyembuhan luka karena diperlukan untuk produksi kolagen, protein utama yang ditemukan di kulit dan jaringan ikat.

"Sebagai antioksidan, wortel juga mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh," tambah Samuels.

Himedik/Yuliana Sere

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini