Kamis, 24 Januari 2019

Apoteker Salah Baca Resep, Mata Kering Dikasih Krim Disfungsi Ereksi

Apa jadinya kalau mata kering dikasih krim disfungsi ereksi?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Apoteker Salah Baca Resep, Mata Kering Dikasih Krim Disfungsi Ereksi
Ilustrasi seorang perempuan mengalami gangguan penglihatan setelah apoteker salah baca resep. (Shutterstock)

Suara.com - Apoteker salah baca resep , mata kering dikasih krim disfungsi ereksi .

Seorang perempuan di Glasgow, Skotlandia, menjadi korban kekeliruan dari apoteker. Ia diberi krim disfungsi ereksi untuk mengatasi mata keringnya.

Akibatnya, perempuan tersebut mengalami cedera kimia okuler yang membuat penglihatannya kabur dan kemerahan.

Diduga kesalahan ada pada apoteker yang keliru saat membaca resep dari dokter mata. Perempuan tersrbut diberi krim Vitaros untuk mengobati disfungsi ereksi, padahal seharusnya VitA-POS yang merupakan salep mata untuk nengatasi mata kering dan erosi kornea.

Dilansir Foxnews, kini perempuan yang tak disebutkan namanya tersebut diberi krim antibiotik topikal, steroid dan pelembab mata untuk nengatasi cedera kimia okular. Sebenarnya ada peraturan bahwa dokter harus memberikan resep elektronik untuk meminimalisir kekeliruan seperti ini.

Namun ketika tetap ingin memberikan resep konvensional maka dokter harus memastikan bahwa tulisannya dapat dibaca dengan baik oleh apoteker sehingga kesalahan pemberian obat bisa dicegah.

Sebuah studi 2009 lalu yang dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology menemukan bahwa kesalahan resep menyumbang 70 persen kesalahan pengobatan yang berpotensi menimbulkan efek samping.

Sementara itu Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengaku menerima lebih dari 100.000 laporan di Amerika setiap tahun terkait dengan dugaan kesalahan pengobatan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini