Lima Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

Bawang merah telah diteliti memiliki manfaat kesehatan. Apa saja?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Lima Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan
Bawang merah punya banyak manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)

Suara.com - Bawang merah lazim digunakan sebagai penyedap masakan. Walaupun rasanya tidak bisa diterima di semua lidah, bawang merah telah diteliti memiliki manfaat kesehatan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bawang merah seperti dilansir dari laman Medical Daily:

1. Memberi rasa pada masakan

Mencari cara untuk membuat masakan sehari-hari Anda terasa lebih enak tanpa menggunakan banyak penyedap? Bawang adalah bumbu dapur yang tepat untuk Anda coba.

Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dari Fitness Institute of Texas di University of Texas, mengatakan bahwa bawang merah adalah sumber vitamin C yang sangat baik selain itu juga mengandung sulfur, flavonoid, dan phytochemical.

"Saya suka merekomendasikan pasien untuk makan bawang merah karena mereka bisa memberi rasa tanpa harus menambahkan garam dan gula. Bawang merah juga rendah kalori yakni hanya mengandung 45 kalori per sajian, serta tidak mengandung lemak.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Seperti kita ketahui, kolesterol LDL (jahat) dapat menumpuk di sepanjang dinding arteri. Penumpukan ini dapat menyebabkan gumpalan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kabar baiknya kandungan fitokimia pada bawang merah bisa mengurangi kadar LDL dalam darah.

Ini telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan di mana dapat menurunkan kadar LDL 20 persen tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik HDL.

3. Mengurangi risiko kanker

Menurut sebuah studi tahun 2017 dari University of Guelph, bawang merah memiliki kekuatan melawan kanker, karena kandungan quercetin dan anthocyanin dalam jumlah tinggi didalamnya.

"Kami menemukan bawang merah sangat baik dalam membunuh sel kanker," kata pemimpin studi Abdulmonem Murayyan.

Bawang merah menurut penelitian ini mempromosikan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi sel kanker dan mengganggu komunikasi antara sel kanker sehingga menghambat pertumbuhannya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan sejauh mana ini bisa bermanfaat pada manusia.

Bawang merah punya banyak manfaat kesehatan. (Shutterstock)
Bawang merah punya banyak manfaat kesehatan. (Shutterstock)

4. Bakteri bermanfaat

Karena adanya serat prebiotik yang dikenal sebagai inlulin, mengonsumsi bawang dapat membantu menjaga "bakteri baik" di usus Anda. Serat pada dasarnya adalah sumber makanan terbaik untuk bakteri menurut sebuah studi 2018 dari King's College London.

Bumbu dapur ini juga mengandung senyawa yang disebut fructo-oligosaccharides yang dapat merangsang pertumbuhan bifidobacteria yang berperan menekan pertumbuhan bakteri berbahaya di usus besar.

5. Mengatur gula darah

Pasien dengan diabetes mungkin harus memasukkan bawang dalam makanan mereka mulai saat ini. Pasalnya Allium cepa, ekstrak bawang merah, telah menunjukkan efektivitasnya dalam menurunkan glukosa darah ketika diuji dalam penelitian pada hewan.

Meskipun mekanismenya belum jelas, penelit menganggap belerang dalam bawang mungkin yang bertanggung jawab mendorong peningkatan produksi insulin.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini