Jangan Coba-Coba Bersihkan Miss V Pakai Timun, Bisa Bikin Infeksi!

Tren membersihkan Miss V perempuan menggunakan timun sempat viral beberapa waktu lalu. Jangan diikuti ya!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Jangan Coba-Coba Bersihkan Miss V Pakai Timun, Bisa Bikin Infeksi!
Jangan membersihkan Miss V dengan timun. [shutterstock]

Suara.com - Tren membersihkan Miss V perempuan menggunakan timun sempat viral beberapa waktu lalu. Dokter menyarankan agar tidak mengikuti tren ini, karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan.

Jennifer Wider, pakar kesehatan perempuan dari Amerika Serikat mengatakan banyak blog, buku, hingga video tutorial yang mengajarkan cara membersihkan Miss V dengan timun.

Dilansir laman Self, melakukan hal ini justru mengurangi kadar bakteri baik pada Miss V, sehingga membuatnya rentan mengalami infeksi.

Selain itu, cara ini juga merusak permukaan jaringan mukosa, yang rapuh sehingga berpotensi mengakibatkan virus dan bakteri menembus lapisan epitel dan masuk ke dalam aliran darah dengan lebih mudah.

Virus dan bakteri itu termasuk parasit yang menyebabkan human immunodeficiency virus (HIV) dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Miss V juga memiliki pH sendiri, yang akan terganggu jika diberi timun.

"Hasilnya bisa berupa infeksi, iritasi, dan mungkin cedera," kata Wider.

Dokter spesialis obgyn Maureen Whelihan menambahkan, timun dapat memindahkan parasit atau serangga yang ada di dalamnya ke miss V. Parasit itu termasuk Erwinia tracheiphila, yang menyebabkan tanaman layu, dan Erysiphe cichoracearum, yang menimbulkan jamur pada tanaman.

Miss V mu tidak akan layu karena bakteri ini, tetapi dengan keseimbangannya yang bisa terjaga sendiri, lingkungan miss V akan rusak karena bakteri dari timun.

Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan miss V mu atau mencium bau yang tidak biasa, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter daripada mencoba metode aneh-aneh dari internet. Jadi buatlah janji dengan dokter dan biarkan timun diam di tempatnya, di dapur.

Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini