6 Daftar Biaya yang harus Disiapkan Jika Berobat ke Luar Negeri

Ada tiket penerbangan, hingga akomodasi.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
6 Daftar Biaya yang harus Disiapkan Jika Berobat ke Luar Negeri
Ilustrasi berobat ke luar negeri. (Shutterstock)

Suara.com - Saat memutuskan untuk melakukan perawatan kesehatan atau berobat ke luar negeri sejatinya harus dibarengi dengan pengetahuan medis dan estimasi biaya. Sebab, berobat ke luar negeri membutuhkan persiapan yang jauh lebih besar.

Namun yang pasti, biaya untuk berobat keluar negeri mencakup banyak hal yang harus ditanggung. Tidaknya biaya medis tetapi ada beberapa biaya tambahan lainnya yang perlu disiapkan.

Oleh karena itu, penting mengetahui perkiraan seluruh total biaya pengobatan sejak awal. Mengutip dari rilis Go.care, berikut ini adalah daftar biaya lengkap yang harus dipersiapkan untuk berobat ke luar negeri.

Aplikasi paspor dan visa

Sebelum memulai perjalanan, pastikan paspor Anda sudah diperbarui dan memiliki visa medis negara tujuan (jika dibutuhkan). Untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara, umumnya warga Indonesia tidak membutuhkan persyaratan visa. Namun, berbeda dengan negara-negara lainnya, seperti India dan Korea Selatan. Oleh karena itu, ketahui persyaratan visa dan segera mengurus proses pembuatannya.

Tiket penerbangan

Saat memilih negara tujuan berobat, cek harga tiket penerbangan. Beberapa maskapai ada yang menawarkan penerbangan murah menuju negara tujuan. Namun, jika perjalanan medis dilakukan saat musim liburan, bukan tak mungkin biaya tiket penerbangan ke negara tujuan mengalami peningkatan.

Akomodasi

Mengingat pasien biasanya akan ditemani oleh anggota keluarga saat berobat ke luar negeri maka Anda tentu membutuhkan tempat penginapan. Jika memutuskan untuk menginap di hotel, beri tahu staf hotel mengenai kondisi kesehatan Anda. Dengan begitu, pihak staf hotel dapat menyiapkan fasilitas ekstra, seperti kursi roda atau pemilihan kamar yang tidak terlalu jauh.

Biaya medis

Sebelum pergi berobat ke luar negeri, pastikan Anda telah mendapatkan estimasi biaya pengobatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Lakukan pencarian mengenai prosedur pengobatan yang Anda butuhkan, lalu minta estimasi biaya pengobatan tersebut. Biasanya estimasi biaya pengobatan yang diberikan pihak rumah sakit mencakup biaya konsultasi dengan dokter, biaya dokter spesialis lainnya, seperti ahli anestesiolog, biaya material pengobatan, seperti implan payudara atau anestesi, biaya obat-obatan, biaya pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan pencitraan sebelum, saat, dan sesudah pengobatan, biaya penggunaan ruang operasi, biaya rawat inap di rumah sakit, biaya medical check up, dan lain-lain.

Biaya hidup

Perlu diingat bahwa Anda dan anggota keluarga juga membutuhkan waktu untuk bersantai atau jalan-jalan di negara tujuan. Hal ini berarti Anda membutuhkan biaya transportasi, makan, dan lainnya.

Perhatikan biaya tambahan

Ada biaya tak terduga yang mungkin perlu Anda keluarkan selama menjalani pengobatan, yakni Biaya komplikasi pascaoperasi, biaya kamar rawat inap di rumah sakit, biaya obat-obatan dan tindakan pengobatan tambahan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini