Kanker Prostat Malah Bikin Lebih Panjang Umur, Ini Syaratnya

Begitu pula dengan kanker payudara.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa
Kanker Prostat Malah Bikin Lebih Panjang Umur, Ini Syaratnya
Ilustrasi seseorang konsultasi masalah prostat ke dokter. (Shutterstock)

Suara.com - Pria yang mengidap kanker prostat dilaporkan bisa hidup lebih lama daripada pria sehat. Namun, jelas ada syarat khususnya.

Dilansir dari The Sun, pasien dengan tumor kecil memiliki kemungkinan hidup lima tahun lebih lama dibandingkan dengan pria pada umumnya. Menurut Office for National Statistics, kelangsungan hidup untuk pria dengan kanker prostat stadium 1 naik 0,5 persen.

Bahkan mereka yang didiagnosis dengan tumor lebih besar yang belum menyebar, memiliki harapan lebih bagus daripada rata-rata pria. Para petugas medis menilai, hal itu mungkin terjadi karena pasien memeriksakan diri secara teratur dan menjadi lebih sadar dengan kesehatan diri sendiri.

Disebutkan pula syarat penderita kanker bisa hidup lebih lama daripada pria sehat adalah faktar bahwa keberadaan kanker telah diketahui sedini mungkin.

Tak hanya kanker prostat, pasien dengan kanker payudara yang menyadari kemunculan penyakitnya sejak awal juga bisa hidup lima tahun lebih lama daripada wanita yang tidak menderita penyakit itu.

Ilustrasi masalah prostat. [Shutterstock]
Ilustrasi masalah prostat. [Shutterstock]

''Ini adalah kabar baik. Pria yang didiagnosis dengan kanker prostat pada tahap awal memiliki kelangsungan hidup yang tinggi,'' ujar Sophia Lowes dari Cancer Research UK.

''Mungkin saja karena mereka lebih sadar kesehatan dan lebih sering pergi ke dokter untuk menjalani tes,'' kata dia lagi.

Sementara itu, gejala kanker prostat yang bisa dideteksi sejak dini antara lain masalah saat akan kencing, kesulitan mengosongkan kandung kemih, aliran lambat saat buang air kecil, kandung kemih terasa belum dikosongkan dengan benar, tetesan keluar setelah selesai buang air kecil, merasa perlu buang air kecil lagi terutama di malam hari, dan mendadak sangat ingin kencing, bahkan terkadang mengompol sebelum sampai ke toilet. (Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini