Catat, 5 Posisi Duduk yang Buruk untuk Ibu Hamil

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga postur tubuh, dengan menghindari 5 posisi duduk yang buruk berikut ini.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Catat, 5 Posisi Duduk yang Buruk untuk Ibu Hamil
Ibu hamil, hindari posisi duduk yang buruk berikut ini ya. (Shutterstock)

Suara.com - Catat, 5 Posisi Duduk yang Buruk untuk Ibu Hamil

Postur yang baik dan tepat sangat penting selama kehamilan. Jika tidak, ibu hamil dapat merasakan ketidak nyamanan dan rasa sakit yang cukup mengganggu karena posisi yang buruk.

Bahkan, sejumlah studi membuktikan posisi duduk yang buruk dapat menyebabkan cedera hingga membahayakan bayi.

Rasa sakit juga bisa menjadi lebih buruk pada tahap akhir kehamilan karena hormon kehamilan cenderung melunakkan tendon dan ligamen. Ibu hamil akan lebih rentan mengejan atau menarik otot selama fase ini, bahkan saat melakukan tugas sehari-hari yang sederhana.

Postur yang salah juga bisa membuat ibu berisiko mengalami nyeri persendian dan komplikasi setelah melahirkan. Fungsi tubuh yang umum seperti bernapas, hingga pencernaan juga dapat terganggu.

Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa sakit pada persendian, leher, bahu, punggung dan pinggul, ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga postur tubuh yang tepat. Hal ini juga membantu bayi untuk tetap dalam posisi melahirkan yang tepat.

Nah, berikut adalah posisi duduk yang buruk untuk ibu hamil, dikutip dari Boldsky.

1. Duduk melorot

Posisi ini adalah hal yang normal bagi kita apalagi saat kita sedang duduk bebas dan santai. Namun, posisi ini dapat memberikan tekanan yang tidak perlu untuk ibu hamil.

Punggung yang tidak lurus akan membuat seluruh tumpuan dialihkan ke sumsum tulang belakang, yang sebelumnya sudah bekerja lebih keras karena beban tambahan kehamilan.

Ketegangan tambahan ini bisa membuat sakit punggung bertambah parah.

2. Menggantung kaki sambil duduk

Pembengkakan kaki adalah masalah umum yang dihadapi ibu hamil. Hal ini lebih sering terjadi pada mereka yang sering duduk dalam posisi dengan kaki digantung.

Saat duduk dengan menggantung kaki, sirkulasi darah akan diarahkan ke bagian kaki dan akhirnya membuat kaki membengkak.

3. Tidak ada sandaran saat duduk

Punggung ibu hamil membutuhkan dukungan saat duduk untuk menghindari tekanan dari sumsum tulang belakangnya. Jika dia tidak memiliki sandaran dan sedikit membungkuk, ini dapat memperburuk sakit punggungnya.

Ibu hamil juga harus menghindari duduk di kursi yang tidak memiliki sandaran atau kursi dengan sandaran rendah selama kehamilan.

4. Membungkuk ke depan

Membungkuk ke depan ketika duduk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada perut ibu hamil. Bayi dapat merasa sesak dan dapat berdampak negatif pada perkembangannya.

Pada tahap akhir kehamilan, tulang rusuk ibu dapat melukai tulang lunak bayi yang sedang berkembang dan membuat efek permanen pada strukturnya.

5. Posisi duduk parsial

Ibu hamil cenderung setengah duduk di tempat tidur, yang memberikan kekuatan ekstra pada sumsum tulang belakangnya.

Padahal posisi ini harus dihindari untuk menghilangkan sakit punggung.

Itulah 5 posisi duduk yang buruk untuk ibu hamil dan harus dihindari.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini