Pertama Di Dunia, Roti Canai Rendah Gula untuk Pengidap Diabetes!

Di Malaysia akan ada roti canai rendah gula yang aman bagi pengidap diabetes. Seperti apa?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Pertama Di Dunia, Roti Canai Rendah Gula untuk Pengidap Diabetes!
Roti canai rendah gula untuk pengidap diabetes. (Shutterstock)

Suara.com - Roti canai merupakan salah satu sajian kuliner khas Melayu yang populer di Medan, Aceh, hingga Malaysia dan Singapura. Sayangnya, roti canai biasanya memiliki indeks glikemik tinggi sehingga tak disarankan bagi pengidap diabetes .

Meski begitu, sebuah kedai makanan di Malaysia mengklaim siap menyajikan roti canai rendah gula yang aman bagi pengidap diabetes .

Dilansir Himedik dari Malay Mail, roti canai rendah gula ini lahir dari kolaborasi antara Holista CollTech Ltd dan Kawan Food Berhad. Roti canai Holista diciptakan untuk penderita diabetes dan orang yang sadar kesehatan. Roti canai ini terbuat dari kombinasi bahan-bahan alami seperti okra, jelai, kacang-kacangan, dan kelabat.

Makanan alternatif yang ramah diet ini juga dilaporkan memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah, sehingga memperlambat kenaikan gula darah bagi mereka yang mengonsumsinya.

"Ketika makanan ini dicampur dengan tepung putih, tafsiran indeksi glikemik produk akhir menurun tanpa mengurangi rasa atau tekstur," ujar Kepala Eksekutif Holista Datuk Dr Rajen Manicka.

Roti canai ini akan dijual dalam kemasan bungkus yang berisi lima potong roti. Harga sebungkus roti canai rendah gula disebut sedikit lebih mahal dari yang biasanya, mengingat proses pembuatannya yang cukup rumit.

Ilustrasi tes gula darah (Foto: shutterstock)
Pemeriksaan gula darah pasien diabetes (Foto: shutterstock)

Direktur pelaksana Kawan Food Timothy Tan menekankan, timnya adalah yang pertama di dunia yang menyediakan roti canai sehat ini.

Produk pertama akan diuji di University of Sydney sebelum dijual di Malaysia pada April 2019 nanti. Perusahaan juga berencana untuk memperluas penjualannya ke Amerika Serikat pada Juni.

Wah, nggak sabar ya mencoba roti canai rendah gula untuk pengidap diabetes yang pertama di dunia ini! (Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini