Latih Jiwa Kepemimpinan Anak Lewat Permainan Kreatif

Permainan kreatif seperti apa yang bisa dilakukan?

Suara.Com
Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Latih Jiwa Kepemimpinan Anak Lewat Permainan Kreatif
Ilustrasi anak bermain. (Shutterstock)

Suara.com - Mengenalkan konsep kepemimpinan untuk seorang anak adalah hal yang gampang-gampang susah. Bahkan, seringkali, pengenalan konsep kepemimpinan yang tidak tepat justru membuat mereka berpikir bahwa menjadi seorang pemimpin itu adalah menjadi orang yang berani, sombong, mementingkan diri sendiri, atau menginginkan perhatian dari banyak orang.

Padahal, seperti yang kita ketahui, itu sangat jauh dari konsep pemimpin yang sebenarnya. Seorang pemimpin haruslah bisa menginspirasi orang lain dengan bakatnya karena mereka mengenalinya, dipercaya karena mereka bisa mempercayai diri mereka sendiri, dapat mengekspresikan diri kepada dunia dengan mudah karena mereka tidak merasa takut untuk melakukan ini, siap untuk membuat perubahan ke dunia tidak peduli seberapa kecil atau besar perubahan tersebut, dan menjalani kehidupan yang bahagia sesuai dengan sifat baik mereka.

Nah, untuk mengenalkan sifat positif seorang pemimpin kepada anak, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan melakukan permainan kreatif. Ada banyak jenis permainan kreatif yang bisa Anda lakukan, mulai dari role play, membangun brick, menyusun lego, atau sesederhana me-recycle barang bekas. Berikut beberapa manfaat permainan kreatif bagi anak untuk mengasah jiwa kepemimpinan mereka, seperti dilansir dari laman Mother.ly.

1. Permainan kreatif dapat memungkinkan anak Anda mengekspresikan diri sesuka mereka dan seperti apa mereka pada saat itu juga.

2. Anak Anda dapat mengeksplorasi bakat, minat dan kesukaan mereka, bereksperimen dan memutuskan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya di dunia nyata.

3. Eksplorasi kreatif membuka seluruh dunia lebih fleksibel, dan ditingkatkan sampai mereka puas dengan hasil akhirnya.

4. Saat menciptakan permainan, anak Anda dapat mengembangkan kepercayaan diri yang besar dalam keterampilan dan bakat mereka sendiri.

5. Permainan kreatif memungkinkan banyak ruang untuk merayakan kepribadian anak Anda sendiri.

Anda bisa menugaskan anak untuk menjadi pemimpin saat sesi bermain. Mereka dapat menciptakan waktu dan permainan kreatif yang tidak hanya terbatas pada seni dan kerajinan saja, tapi lebih jauh dari itu.

Untuk benar-benar memelihara pola pikir kepemimpinan anak Anda, setiap pengalaman kreatif harus selalu dipimpin oleh anak. Kalau tidak, aspek kreativitas ini kemungkinan besar akan dikendalikan, dibatasi, dan dibentuk menuju arah atau agenda tertentu oleh Anda sebagai orangtua.

Dipimpin oleh anak berarti bahwa anak Andalah yang menciptakan pengalaman itu, mereka dapat membawanya ke mana pun mereka mau dan bagaimanapun mereka menginginkannya.

Ini juga berarti bahwa Anda, sebagai orang tua hanya berperan sebagai fasilitator dari pengalaman itu. Anda hanya menawarkan ruang yang ramah anak dan aman, juga akses ke alat dan sumber daya, tetapi Anda tidak memaksakan struktur atau hasil akhirnya.

Anda membiarkan anak Anda mengalami apa pun yang mereka inginkan dan butuhkan pada saat itu. Dan dengan melakukan ini, Anda bisa menunjukkan kepada mereka bahwa orangtuanya memercayai mereka, Anda juga senang mengikuti mereka, dan apa pun yang mereka tawarkan kepada dunia adalah hal yang luar biasa. Bagaimana, sudah siap melakukan permainan kreatif bersama anak?

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini