Idap Kanker Paru, Sutopo Humas BNPB: Jangan Abaikan Gaya Hidup Sehat

"Sakit itu tidak enak, apalagi sakit kritis seperti yang saya alami kanker paru," kata Sutopo Humas BNPB.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Idap Kanker Paru, Sutopo Humas BNPB: Jangan Abaikan Gaya Hidup Sehat
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/Abdus Soemadh)

Suara.com - Idap Kanker Paru, Sutopo Humas BNPB: Jangan Abaikan Gaya Hidup Sehat.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengidap kanker paru-paru stadium 4B sejak beberapa bulan lalu.

Lelaki yang akrab disapa Pak Topo tersebut kerap membagikan kisah perjuangan dirinya melawan penyakit kanker melalui unggahan di media sosial.

Dirinya mengaku harus mengonsumsi 9 jenis obat berbeda sebanyak tiga kali sehari, mengonsumsi obat herbal, hingga melakukan latihan fisik kecil untuk menjaga stamina.

Hal itu Sutopo lakukan agar bisa sembuh dari penyakit kronis yang menggerogoti tubuhnya.

"Sakit itu tidak enak, apalagi sakit kritis seperti yang saya alami kanker paru stadium 4B sudah level terminal. Berbagai upaya saya lakukan untuk sembuh, untuk bisa hidup lebih lama. Biaya berobat sangat mahal sekali. Semua saya lakukan karena tidak ada pilihan. Ikhtiar saya lakukan terus dan tentu saja berdoa," kata Sutopo kepada Suara.com, Senin, (28/1/2019).

Karenanya, ia berkali-kali menghimbau masyarakat untuk senatiasa menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup sehat.

"Gaya hidup sehat (jangan) diabaikan, misalnya sering makan yang banyak pengawet, makanan tidak sehat, jarang olahraga, jarang makan buah dan sayur, sering begadang dan lain-lain sehingga akhirnya mudah terserang penyakit," tambah lelaki lulusan Universitas Gadjah Mada tersebut.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini