Begini Cara Andien Menjaga Kesehatan Mental Agar Tetap Waras

Menurut Andien manusia diciptakan beserta jiwa yang harus dijaga kesehatannya

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Begini Cara Andien Menjaga Kesehatan Mental Agar Tetap Waras
Andien Aisyah [Suara.com/Firsta]

Suara.com - Penyanyi Andien Aisyah selama ini populer dengan gaya hidup sehat yang dilakoninya. Dalam akun media sosialnya, Andien sering mengunggah olahraga yang dilakukannya hingga menu makanan sehat yang dikonsumsinya setiap hari.

Namun di samping itu, ibu dari Anaku Askara Biru atau Kawa, juga memperhatikan kesehatan mentalnya. Menurut Andien manusia diciptakan tak hanya raganya saja namun juga beserta dengan jiwa, yang harus dijaga keseimbangannya.

"Ketika ada yang nggak seimbang berarti nggak sehat secara holistik. Sehat itu nggak cuma perut sixpack, otot terlihat, atau badan langsing, tapi batinnya juga. Banyak orang merasa sakit-sakitan terus, eating habit nggak bisa sehat, bisa jadi karena faktor mental yang harus diselesaikan dulu. Kalau nggak sulit menyelesaikan itu," ujar Andien dalam acara peluncuran The Fit Company di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Dalam kehidupan sehari-hari, Andien mengatakan bahwa ia kerap melakukan self healing, meditasi hingga memberi diri asupan yang positif untuk membuat mentalnya tetap sehat. Hasilnya pun telah Ia rasakan di mana orang sekelilingnya melihat perubahan besar yang terjadi dalam diri Andien.

"Aku sendiri kadang ngerasa gini aja dari dulu nggak ada yang berubah kayak jadi orang lain, tapi tiap hari ada pencerahan baru yang kulihat. Orang yang ketemu aku dulu, sekarang bilang aku berubah lebih positif. Secara nggak sadar karena jadi pola tiap hari, dilakukan begitu saja," imbuh dia.

Untuk meditasi, Andien mengatakan tak memiliki jadwal khusus namun tubuhnya selalu memberi alarm kapan waktu yang tepat baginya untuk bermeditasi.

"Meditasi nggak harus ada jadwal, ada alarm sendiri di kita berapa banyak waktu yang kita perlu dan dengan cara apa meditasi," tandas dia. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini