Turunkan Tekanan Darah dengan Bercinta Secara Teratur, Ampuh?

Bukan bohong, studi menyebut bercinta secara teratur dapat turunkan tekanan darah.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Turunkan tekanan darah dengan bercinta secara teratur. (Shutterstock)
Turunkan tekanan darah dengan bercinta secara teratur. (Shutterstock)

Suara.com - Turunkan Tekanan Darah dengan Bercinta Secara Teratur, Ampuh?

Bukan bohong, studi menyebut bercinta secara teratur dapat turunkan tekanan darah. Keampuhannya bahkan disebut sama efektif dengan efek beberapa obat.

Peneliti dari Universitas Negeri Georgia mengatakan penurunan tekanan darah berbanding lurus dengan kepuasan saat bercinta. Semakin sering dan puas seseorang bercinta, semakin tinggi pula penurunan tekanan darah yang dirasakan.

Dilansir Himedik dari Daily Mail, mereka percaya seks bekerja dengan meningkatkan hormon oksitosin yang bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual Medicine meneliti partisipan yang melakukan hubungan seks sambil mengenakan monitor jantung.

Hasilnya, mereka yang terlibat memiliki tekanan darah sistolik rata-rata 115 mmHg pada awal tes. Setelah berhubungan seks, angka itu turun hingga 17 poin, menjadi rata-rata 98 mmHg.

Di sisi lain, jika bercinta secara reguler kamu lakukan setiap pagi, maka ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat, dilansir dari Boldsky.

Ilustrasi pasangan harmonis bercinta. (Shutterstock)
Bercinta secara teratur bisa bikin tekanan darah turun. (Shutterstock)

1. Kulit bercahaya

Peningkatan produksi estrogen yang terjadi ketika kamu menikmati hubungan seksual di pagi hari bisa sangat bermanfaat bagi kulit karena membuat kulit tampak bercahaya.

2. Berat badan turun

Bercinta di pagi hari bisa membuatmu mengalami penurunan berat badan. Pasalnya, seks pagi membakar sekitar 300 kalori per sesinya.

3. Gairah meningkat

Ketika kamu cenderung lebih segar dan lebih energik di pagi hari, pengalaman seksualmu akan meningkat dan juga aliran darah akan menuju ke bagian intim sehingga ini bisa meningkatkan dorongan seksualmu.

4. Imunitas membaik

Bercinta di pagi hari akan meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan imunoglobulin A (IgA), antibodi yang melawan infeksi. Tigkat IgA ditemukan lebih tinggi pada mereka yang melakukan hubungan seks dua sampai tiga kali seminggu.

5. Sirkulasi darah lancar

Bercinta di pagi hari akan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah. Pada wanita, orgasme di pagi hari memicu pelepasan hormon oksitosin yang bertanggung jawab dalam penurunan tekanan darah. (Himedik/Yuliana Sere)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini