Hindari Konsumsi Buah Ini bagi Penderita Maag, Kalau Tak Mau Kambuh

Buah apa saja yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Hindari Konsumsi Buah Ini bagi Penderita Maag, Kalau Tak Mau Kambuh
Ilustrasi lemon jadi buah yang harus dihindari penderita maag. (Shutterstock)

Suara.com - Hindari Konsumsi Buah Ini bagi Penderita Maag, Kalau Tak Mau Kambuh.

Semua buah memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit maag, sayangnya harus pilih-pilih buah apa yang tidak mengandung asam.

Penderita maag memiliki kondisi sistem pencernaannya yang tidak mendukung.

Dalam skala pH, angka 7 merupakan batasan pH normal atau netral. Sementara untuk skor di bawah 7 sudah tergolong asam, dan di atas 7 sudah bersifat basa dilansir dari Hello Sehat. 

Nanas termasuk salah satu jenis buah-buahan yang bersifat asam. Itu sebabnya, nanas memiliki skor pH di antara angka 3-4. Namun, nanas bukanlah satu-satunya buah asam yang harus Anda hindari bila memiliki gangguan pencernaan.

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, serta tomat juga tergolong memiliki pH asam, yang sebaiknya dihindari guna mencegah naiknya asam lambung. Meski begitu, tidak semua pengidap gangguan pencernaan seperti maag, refluks asam lambung, dan GERD selalu mengalami kekambuhan gejala setiap kali makan nanas dan buah asam lainnya.

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya untuk tetap menghindari buah-buahan dengan rasa kecut atau asam jika tidak ingin gejala maag dan asam lambung Anda kambuh tiba-tiba.

Supaya gejala maag dan refluks asam lambung Anda tidak gampang kambuh, perhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Selain tidak mungkin bagi penderita maag boleh makan nanas, makanan yang terlalu pedas, berlemak, dan berkafein juga tidak dianjurkan.

Sebagai gantinya, penuhi asupan gizi harian dari sumber makanan tinggi serat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang tidak asam.

Misalnya pisang, apel, semangka, pepaya, melon, dan lainnya. Jangan lupa, pastikan jam makan Anda senantiasa teratur setiap harinya.

Bagi penderita maag memang tidak bisa sembarang makan, walaupun buah baik untuk kesehatan tapi ada yang menjadi pemicu atau tidak baik untuk pencernaan. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini