Minggu, 17 Februari 2019

Gara-Gara Tusuk Gigi, Atlet Ini Hampir Meninggal

Jangan suka main-main dengan tusuk gigi, ya.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Gara-Gara Tusuk Gigi, Atlet Ini Hampir Meninggal
Ilustrasi seseorang sedang membersihkan gigi menggunakan tusuk gigi (Shutterstock).

Suara.com - Menggigit tusuk gigi merupakan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan sebagian orang. Dan bukannya digunakan untuk membersihkan, tusuk gigi ini malah hanya dimainkan di mulut.

Namun siapa sangka gara-gara tusuk gigi, seorang atlet profesional di Inggris hampir meninggal. Tusuk gigi yang dimainkannya itu tertelan. Atlet yang berusia 18 tahun itu mulanya mengeluhkan demam, sakit perut, dan mengalami BAB berdarah.

Dilansir dari Fox News, ia kemudian dibawa ke UGD sebuah rumah sakit, namun tidak mendapat penyebab yang spesifik. Hingga suatu hari lelaki itu kembali datang ke RS dengan suhu tubuh 40,5 derajat celcius dengan tetap mengeluh nyeri di perutnya.

Dokter memutuskan untuk melakukan kolonoskopi dan menemukan tusuk gigi dengan panjang 5 cm bersarang di usus besar. Tusuk gigi itu bahkan telah menembus arteri dan memungkinkan bakteri memasuki aliran darahnya.

Ketika tusuk gigi dicabut, darah mulai menyembur dari arteri dan menyebabkan situasi yang 'mengancam jiwa. Menurut dokter, tusuk gigi tersebut menyebabkan begitu banyak kerusakan di dinding pembuluh darah sehingga dokter harus mengangkat sebagian pembuluh darah arteri yang rusak diganti dengan vena dari pahanya.

Tertelan tusuk gigi memang jarang terjadi, namun memang dapat menyebabkan banyak komplikasi. Sebuah studi 2014 yang dipublikasikan dalam World Journal of Surgery menemukan bahwa dari 136 kasus yang dilaporkan, lebih dari 50 persen orang tidak tahu bahwa mereka telah menelan tusuk gigi . Sebanyak 10 persen dari mereka yang tertelan tusuk gigi berakhir dengan kematian.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini