Ini 4 Kiat Agar Tetap Sehat Selama Tahun Baru Imlek

Lakukan kiat mudah ini agar tetap sehat selama dan sesudah perayaan Imlek.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Ini 4 Kiat Agar Tetap Sehat Selama Tahun Baru Imlek
Dalam tradisi Tionghoa, Perayaan Imlek identik dengan makan bersama yang memiliki makna ungkapan kebersamaan dan keharmonisan keluarga.

Suara.com - Seperti pada perayaan tahun baru lainnya, momen tahun Baru Imlek juga identik dengan ragam makanan dan minuman yang menggiurkan. Tak ada salahnya untuk menikmati sajian Imlek yang istimewa, namun Anda juga harus tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan ada efeknya bagi tubuh.

Itu sebabnya, agar terhindar dari gangguan pencernaan dan beban berat pada ginjal, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat selama periode perayaan Imlek seperti dilansir dari Asia One.

1. Gunakan piring kecil
Selalu tergoda untuk mengisi penuh piring dengan aneka makanan yang tersaji di rumah saat Imlek? Kalau ya, coba gunakan piring kecil. Ukuran piring yang lebih kecil membuat Anda terhindar dari pola makan yang berlebihan.

Pasalnya, menggunakan piring yang lebih besar dapat menipu otak yang membuat Anda cenderung makan lebih banyak. Sebaliknya, dengan menggunakan piring yang lebih kecil, Anda dapat menipu otak untuk merasa puas dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Memilih menu yang lebih sehat
Agar tetap sehat selama perayaan Imlek, Anda bisa menikmati beberapa camilan lezat namun sehat seperti kacang-kacangan yang tinggi serat dan protein. Beberapa diantaranya adalah kacang pistachio, almond, kenari, biji bunga matahari atau kuaci.

Pilih kacang yang dipanggang atau bisa dikonsumsi mentah. Hindari kacang yang digoreng atau dilapisi gula, madu, ataupun garam. Anda juga bisa memilih aneka buah yang cenderung lebih sehat.

3. Hindari minuman manis dan bersoda
Agar tidak mengacaukan diet, Anda harus menghindari minuman manis dan bersoda ketika menghadiri jamuan makan saat Imlek. Sekaleng minuman bersoda saja mungkin mengandung lima sendok teh gula atau setara dengan 100 kalori.

Batas aman dalam sehari untuk konsumsi gula hanya 10 sendok teh sehari. Jumlah ini dapat dengan mudah terlampaui jika Anda mengonsumsi minuman manis beberapa kali dalam sehari. Pilihan terbaik tentu saja air putih, atau jika ingin ada perasa, Anda bisa memilih teh hijau tanpa gula.

4. Perbanyak berjalan kaki
Jika Anda beribadah ke klenteng atau mengunjungi sanak saudara menggunakan kendaraan, pilihlah parkir di tempat yang agak jauh. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap bisa berjalan kaki dan membakar kalori setelah menyantap sajian khas Imlek yang begitu lezat.

Bagaimana, mudah bukan tips yang bisa Anda jajal agar tetap sehat dan bugar selama perayaan Imlek? Tak lupa kami mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek untuk Anda yang merayakan!

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini