Ingin Sembuh dari Kanker, Suhartini Sempat Lakukan Hal Usil saat Pengobatan

Ia didiagnosis kanker kolorektal saat berusia 58 tahun.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Ingin Sembuh dari Kanker, Suhartini Sempat Lakukan Hal Usil saat Pengobatan
Acara talk show World Cancer Day 2019. (HiMedik/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Suara.com - Perjuangan melawan kanker memang bukan hal yang mudah. Salah satunya dialami oleh Suhartini. Dia pun mengungkapkan pengalamannya dalam acara peringatan Hari Kanker Sedunia yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran UGM, Selasa (5/2/2019). 

Menurut pengakuannya, ia didiagnosis kanker kolorektal saat berusia 58 tahun. Awal mula gejala kanker yang dirasakannya adalah ada perubahan dari ukuran dan warna kotoran.

"Kalau kotoran kan biasanya seperti pisang ya, lunak, nah ini ukurannya kecil tapi lunak juga," ungkapnya dalam talk show bertajuk World Cancer Day 2019 I Am and I Will.

"Berat badan saya juga turun dan perut terasa begah."

Wanita berkacamata itu juga mengungkapkan sempat kaget saat tak sengaja melihat ada darah saat buang air besar.

"Waktu saya buang air besar, melihat kloset, saya kaget ada bercak darah. Warna kotoran juga agak kehitaman," imbuhnya.

"Selesai kerja saya ke UGD, dokter nanya 'kenapa bu, biasanya kan takut sekali ke dokter', yasudah saya cerita dan dirujuk ke dokter digestif."

Wanita yang saat ini berusia 66 tahun itu lantas melakukan pemeriksaan. Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter adalah colok dubur.

Lalu alat seperti besi dimasukkan dan ternyata ada benjolan. Dokter lanjas merujuk Ibu Suhartini ke bagian gastroskopi dan melakukan pemeriksaan kolonoskopi.

Hasilnya adalah terdapat tiga benjolan yang besarnya mencapai 12 cm. Hasil itu lalu dibawa ke bedah digestif dan oleh dokter disarankan CT scan abdomen dengan kontras.

Bagaimana selanjutnya? Lihat selengkapnya ya. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini