Minggu, 17 Februari 2019

Aktris Ini Disayat Tegak dan Melintang saat Bedah Sesar, Ini Sebabnya

Kenya dibawa ke rumah sakit untuk melahirkan putrinya secara prematur, yakni enam minggu lebih awal.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Aktris Ini Disayat Tegak dan Melintang saat Bedah Sesar, Ini Sebabnya
Ilustrasi: Operasi Caesar. (Shutterstock)

Suara.com - Aktris dan model Kenya Moore menjalani proses kelahiran anaknya yang tak terlupakan. Betapa tidak, perutnya disayat secara horizontal (melintang) dan vertika (tegak) agar bayinya bisa dikeluarkan. Hal tersebut bahkan membuatnya bisa saja tak selamat. 

Wanita 47 tahun itu melahirkan putri pertamanya, Brooklyn Doris pada November 2018 lalu. Namun, Kenya mengalami kehamilan yang sulit. Dokter mengatakan, dia mengalami kehamilan ektopik atau hamil di luar rahim.

Kondisi makin runyam ketika Kenya didiagnosis dengan preeklampsia, suatu kondisi yang ditandai dengan retensi cairan yang ekstrem dan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan komplikasi serius atau fatal. Kondisi ini menyebabkan Kenya membengkak dan berat badannya naik 7,5 Kg dalam satu minggu, seperti dilansir HiMedik.com dari Metro, Kamis (13/12/2018).

Setelah tekanan darahnya meroket, Kenya dibawa ke rumah sakit untuk melahirkan putrinya secara prematur , yakni enam minggu lebih awal. Bedah sesar darurat pun berlangsung selama tiga jam.

Karena persalinannya terhalang fibroid, perut Kenya harus disayat dua kali, secara horizontal atau melintang dan vertikal atau tegak. Dia pun harus diberi anestesi setelah epiduralnya habis.

Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)
Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)

''Mereka tidak bisa mengeluarkan bayinya. Karena semua komplikasi ini, mereka tahu, jika mereka menyayat sampai fibroid, saya bisa berdarah sangat banyak dan mati,'' ungkap Kenya.

''Jadi mereka akhirnya memotong perut saya secara vertikal juga, untuk mengeluarkan bayi dan memastikan saya selamat dari operasi. Mereka sangat takut mereka akan kehilangan saya.''

Ia pun bersyukur, dirinya dan si kecil Brooklyn berhasil melalui masa-masa mengerikan itu dengan selamat dan sehat.

''Dia bayi yang tangguh, sangat teguh. Dan di setiap langkahnya, dia terus bertahan dan semakin kuat. Dia bayi ajaibku,'' ujar Kenya.

Sebelumnya, Kenya Moore telah menikah dengan pemilik restoran di New York, Marc (48) pada Juni lalu di St Lucia, setahun setelah mereka mulai berkencan. (HiMedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini