Jangan Larang Anak Bereksplorasi, Ini 5 Karakter Penting yang Akan Tumbuh

Penting bagi orangtua untuk membolehkan anak-anak untuk bereksplorasi

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Jangan Larang Anak Bereksplorasi, Ini 5 Karakter Penting yang Akan Tumbuh
Ilustrasi anak main cat [shutterstock]

Suara.com - Jangan Larang Anak Bereksplorasi, Ini 5 Karakter Penting yang Akan Tumbuh

Pola pengasuhan yang diterapkan orangtua dapat berdampak pada pembentukan karakter anak, hal tersebut diungkapkan oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan KPPA-RI, Drs. Hendra Jamal, M.Si dalam acara "Iya Boleh" di Jakarta Pusat, Kamis, (7/2/2019).

Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk membolehkan dan memberi kelonggoran pada anak-anak untuk bereksplorasi terutama dengan lingkungan.

Kata ahli, berani bereksplorasi, dapat menumbuhkan lima karakter unggul pada anak. Kira-kira apa saja ya?


1. Berani 
Eksplorasi merupakan salah satu cara agar anak berinteraksi dengan lingkungan. Hal tersebut dapat menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri anak dengan baik. 

Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya seperti kemampuan menyelesaikan masalah, membuat keputusan dan mengasah keterampilan sosial.

2. Cerdas 
Melalui eksplorasi yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak, aspek kognitif anak dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.

3. Kreatif 
Ketika terpapar berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas anak dapat berkembang dengan baik.


4. Peduli 
Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, anak akan belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain serta meningkatkan toleransinya. 


5. Pemimpin 
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, sangat penting untuk menumbuhkan rasa kemandirian. Eksplorasi dipercaya mampu mengasah kemampuan anak, menumbuhkan sikap disiplin dan belajar mengambil kontrol berbagai hal disekitarnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini