Lelaki Wajib Tahu, 4 Penyebab Air Mani Terasa Encer

Air mani lelaki yang terasa encer disebut menandakan adanya masalah kesuburan. Benarkah?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Air mani terasa encer, apa penyebabnya? [Shutterstock]
Air mani terasa encer, apa penyebabnya? [Shutterstock]

Suara.com - Lelaki Wajib Tahu, 4 Penyebab Air Mani Terasa Encer

Mitos soal kesuburan pria seakan tidak ada habisnya. Salah satu mitos yang paling sering dibicarakan adalah air mani lelaki yang terasa encer.

Dikutip dari Popular World, air mani lelaki yang terasa encer disebut menandakan adanya masalah kesuburan, hingga bisa menyebabkan kemandulan.

Padahal, pakar mengatakan air mani terasa encer tidak berhubungan dengan kesuburan lelaki. Meski sebenarnya pakar sudah membantah hal tersebut, masih ada keraguan dari kaum lelaki soal penyebab air mani terasa encer.

1. Volume sperma

Air mani terasa encer dikarenakan kekentalan yang berkurang. Salah satu penyebabnya adalah volume sperma yang tidak terlalu banyak.

Hal ini bisa berhubungan dengan jumlah ejakulasi yang dilakukan lelaki dalam seminggu. Semakin sering ejakulasi, makan semakin encer pula air maninya.

Ilustrasi (shutterstock)
Ilustrasi sperma di dalam tempat penampuangan (shutterstock)

2. Kurang fruktosa

Kekurangan fruktosa membuat cairan mani yang keluar saat penetrasi menjadi lebih bening dari sebelumnya. Kekentalan juga menurun akibat makanan yang dikonsumsi oleh pria sehari-hari. Oleh karena itu pria disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak buah dan sayuran.

Pria juga disarankan untuk melakukan olahraga meski tidak boleh berlebihan. Kalau olahraga yang berlebihan dilakukan, kemungkinan sperma encer juga besar karena fruktosa terpakai hingga habis.

3. Jumlah sel sperma

Jumlah sel sperma yang normal sekitar 15 juta setiap militer air mani. Kalau jumlah sperma yang dimiliki berada di bawah jumlah normal, kemungkinan terjadi sperma encer akan besar. Kalau Anda sering mengeluarkan sperma encer ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

4. Ejakulasi terbalik

Ejakulasi terbalik atau ejakulasi retrograde bisa terjadi pada yang mengalami gangguan di prostat atau kandung kemih. Sperma yang harusnya keluar di luar, justru masuk dan bercampur dengan urine.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini