Makan Nasi Kemarin Amankah Bagi Tubuh?

Anda harus tahu cara tepat menyimpan nasi agar tak berdampak buruk bagi kesehatan.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Makan Nasi Kemarin Amankah Bagi Tubuh?
Ilustrasi nasi. [shutterstock]

Suara.com - Makan Nasi Kemarin Amankah Bagi Tubuh?

Anda tentu pernah memanfaatkan sisa nasi yang dimasak kemarin untuk diolah menjadi nasi goreng. Selain mencegah membuang-buang makanan, nasi sisa kemarin juga lebih lezat jika diolah menjadi nasi goreng.

Namun bagaimanakah efeknya bagi kesehatan? Amankah mengonsumsi nasi yang dimasak kemarin?

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, mengonsumsi nasi yang dipanaskan berulang kali dapat menyebabkan keracunan. Namun bukan proses pemanasan ulang yang membuat masalah, melainkan cara penyimpanan setelah nasi dimasak.

Dilansir dari laman TimesofIndia, nasi yang dibiarkan terlalu lama dalam suhu kamar setelah dimasak dapat menjadi media pertumbuhan spora bakteri Bacillus cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri tumbuh dengan cepat dan dapat menghasilkan racun yang dapat menyebabkan seseorang keracunan.

Itu sebabnya menurut para ahli, semakin lama membiarkan nasi setelah matang dalam suhu kamar maka semakin tidak aman untuk dikonsumsi.

Namun, jika Anda sudah memasak banyak nasi dan tidak bisa mengkonsumsinya sekaligus, maka jangan langsung dibuang. Anda dapat menyimpannya untuk hari berikutnya secara aman dengan mengikuti beberapa langkah sederhana berikut.

Pertama-tama, habiskan nasi segera setelah dimasak. Kedua, jika Anda memiliki banyak nasi, simpan segera, idealnya dalam 1 jam setelah nasi matang.

Anda bisa menyimpan nasi di lemari es Anda maksimal dalam waktu sehari. Hindari untuk memanaskannya lebih dari satu kali.

Ketika memanaskan nasi, pastikan panasnya mengepul sebagai tanda bahwa nasi dipanaskan dalam suhu maksimal. Dengan mengikuti langkah-langkah ini bakteri tidak akan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan nasi sisa Anda akan aman untuk dikonsumsi.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini