Minggu, 17 Februari 2019

Ini Teknik Pijatan untuk Atasi Migrain Tanpa Obat

Migrain yang mengganggu bisa diatasi dengan teknik pijatan yang tepat.

Suara.Com
Vania Rossa
Ini Teknik Pijatan untuk Atasi Migrain Tanpa Obat
Sakit Kepala, Migrain, Pusing. (Shutterstock)

Suara.com - Ketika migrain menyerang, yang ingin Anda lakukan hanyalah menyingkirkannya secepatnya. Denyut yang menyakitkan di satu atau kedua sisi kepala, kepekaan terhadap cahaya, mual, dan muntah, itu semua sudah cukup untuk membuat Anda ingin meringkuk di tempat gelap sambil berharap serangan itu akan hilang secepat mungkin.

Sara Crystal, MD, seorang ahli saraf, spesialis sakit kepala , dan penasihat medis di Cove, sebuah perusahaan perawatan kesehatan yang menyediakan perawatan resep untuk penderita migrain, mengatakan bahwa pemicu migrain yang paling umum adalah stres, perubahan dalam siklus tidur, ketidakseimbangan hormon, dan penggunaan kafein yang berlebihan. Makan cokelat, keju tua, dan makanan ber-MSG, nitrat, dan aditif juga bisa menyebabkan migrain. Tetapi orang-orang mengembangkan migrain karena berbagai alasan.

"Penyebab migrain sebagian besar adalah genetik. Setiap orang memiliki pemicu pribadi. Itulah sebabnya tidak ada satu pengobatan khusus untuk semua migrain," katanya seperti dilansir dari laman Men's Health.

Meskipun tidak ada pengobatan khusus, dokter merekomendasikan obat bebas, obat resep, atau obat alami untuk perawatan migrain. Dan salah satu solusi alami itu termasuk melakukan pijatan migrain dengan minyak esensial peppermint.

Crystal mengatakan mentol yang merupakan bahan aktif dalam minyak esensial peppermint, telah terbukti membantu meringankan sakit kepala. Faktanya, sebuah penelitian tahun 2015 dari Frontiers in Neurology menunjukkan bahwa penggunaan topikal gel berbasis mentol, seperti yang digunakan minyak esensial peppermint, dapat secara signifikan mengurangi intensitas sakit kepala.

Mau coba mengatasi migrain dengan teknik pijatan? Berikut caranya:

- Encerkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke dalam oil carrier (minyak pembawa), misalnya minyak kelapa.
- Pijatkan minyak ke pelipis dan dahi, lakukan gerakan memutar dengan jari telunjuk dan jari tengah.
- Lanjutkan memijat selama 1 menit.

Jika pijatan terlalu menyakitkan, Dr. Crystal merekomendasikan untuk menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint dan bernapas dalam-dalam menghirupnya, atau meneteskan minyak ke kompres dingin dan mengoleskannya ke dahi Anda. Cara-cara ini dikatakan dapat membantu meringankan serangan migrain yang mengganggu tanpa bantuan obat.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini