Dilarang Vaksin, Remaja Ini Curhat di Medsos

Orangtua remaja ini diketahui seorang antivaksin.

Suara.Com
Vania Rossa | Risna Halidi
Ilustrasi Vaksin [Shutterstock]
Ilustrasi Vaksin [Shutterstock]

Suara.com - Seorang remaja bernama Ethan Lindenberger dari Ohio bertanya di situs media sosial, Reddit, apakah dirinya bisa mendapatkan vaksin tanpa izin orangtua.

Hal tersebut lantas menimbulkan polemik tentang bagaimana mungkin orangtua melarang buah hatinya sendiri mendapatkan perlindungan imunitas terhadap berbagai macam penyakit.

Diketahui, ibu dari Ethan adalah seorang antivaksin dan tidak akan mengizinkan anak-anaknya mendapatkan vaksin.

Salah satu ketakutan ibunda Ethan adalah bahwa vaksin dapat menyebabkan autisme.

Padahal teori yang dipopulerkan oleh Andrew Wakefield pada 1998 lalu itu telah dicabut dan ditentang oleh banyak peneliti lain.

"Dia percaya dengan sepenuh hati bahwa vaksinasi menyebabkan efek samping yang buruk," kata Ethan Lindenberg.

Kini, suara sumbang banyak menuduh orangtua Ethan sebagai seorang yang jahat. Melihat serangan terhadap ibunya sendiri, Ethan merasa harus meminta maaf.

"Ketika saya curhat di Reddit saya menyatakan banyak hal yang tidak saya sukai dari ibu saya, saya bilang ibu saya tidak rasional, saya marah dan saya mengatakan banyak hal yang seharusnya tidak saya katakan," katanya pada program radio BBC World Service OS.

Ethan mengaku telah meminta maaf kepada ibunya karena mengatakan bahwa ibunya tidak rasional, gila, dan bodoh.

Meski begitu, Ethan tetap masih berpendapat bahwa vaksin adalah sesuatu yang wajib.

"Jika saya batuk, saya mungkin bisa mengatasinya karena saya lebih tua dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, tetapi bagaiman dengan adik perempuan saya yang masih berumur dua tahun? Itu sangat menakutkan," tambahnya seperti dilansir dari laman BBC.

Ethan Lindenberger menambahkan bahwa ia dan adiknya ingin mendapatkan vaksinasi, tetapi belum cukup umur untuk membuat keputusan untuk dirinya sendiri.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini