Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kanker darah yang dialami Ani Yudhoyono bisa mengganggu produksi dan fungsi sel darah. Kenali gejala-gejalanya berikut ini.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Ani Yudhoyono sakit kanker darah dan dirawat di Singapura. [Instagram/@aniyudhoyono]
Ani Yudhoyono sakit kanker darah dan dirawat di Singapura. [Instagram/@aniyudhoyono]

Suara.com - Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Ani Yudhoyono saat ini tengah dirawat di Singapura karena kanker darah. Penyakit yang menyerang Ani Yudhoyono dikabarkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui pesan video.

"Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di Tanah Air," ucap SBY.

Berdasarkan penjelasan dari Ameican Society of Hematology, kanker darah merupakan penyakit yang mengganggu produksi dan fungsi sel darah.

Hingga saat ini, belum ada penyebab pasti mengapa seseorang bisa mengalami kanker darah. Hal ini dikarenakan mutasi sel darah sehat menjadi sel kanker terjadi secara acak dan cepat.

Laman WebMD menyebut ada tiga jenis kanker darah yang paling umum, yakni leukemia, limfona, dan myeloma. Masing-masing jenis kanker darah ini memiliki gejala yang berbeda-beda.

Leukemia

Leukemia tidak memiliki gejala khas. Meski begitu, gejala yang umum didapati adalah sering anemia, darah sulit membeki, rentan infeksi, hingga mudah mimisan, gusi berdarah, dan memar.

Pada tingkat yang lebih parah, gejala leukemia bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan drastis, keringat berlebih di malam hari, hingga sakit kepala yang intens.

Ilustrasi sel kanker. (Shutterstock)
Sel kanker mengubah sel darah normal menjadi penyakit. (Shutterstock)

Limfoma

Gejala kanker darah limfoma lebih mudah terlihat dan khas. Di antaranya, muncul tonjolan di area selangkangan, leher, atau ketiak, sesak napas dan nyeri dada, nyeri terutama di bagian punggungg dan tulang leher, serta gatal-gatal.

Pada tahap lanjut, limfoma bisa menunjukkan gejala lemah, lesu, tidak bersemangat, berat badan turun drastis tanpa alasan jelas, gangguan saraj, hingga muncul darah saat muntah atau buang air besar.

Myeloma

Gejala kanker darah myeloma cukup banyak karena penyakit ini berhubungan dengan sistem imun. Beberapa yang khas di antaranya anemia, memar, perdarahan, hingga tulang yang mudah patah.

Pada tahap lanjut, pasien myeloma juga bisa mengalami infeksi berulang, gangguan atau kerusakan ginjal, dan kaki bengkak.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini