Setelah Tiga Tahun, Pasutri Ini Akhirnya Dengar Putri Mereka Berbicara

Zoey Ellis lahir pada bulan Maret 2015 dengan kondisi langka yang membuatnya tak bisa bicara.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Setelah Tiga Tahun, Pasutri Ini Akhirnya Dengar Putri Mereka Berbicara
Ilustrasi keluarga, orangtua dan anak perempuannya. (Shutterstock)

Suara.com - Kebahagiaan menyelimuti sepasang suami istri ini. Mereka akhirnya mendengar suara anak perempuan mereka setelah tiga tahun. 

Zoey Ellis, dari Coon Rapids, lahir pada bulan Maret 2015 dengan kondisi langka yang membuatnya tak bisa bicara.

HiMedik Melansir dari dailymail, selama tiga tahun terakhir Zoey menggunakan bahasa isyarat, mencicit dan mengerakkan lidahnya untuk menghasilkan bunyi dan berkomunikasi dengan orangtuanya, Amberlee dan Jeremy.

Musim panas lalu, Zoey menjalani operasi di Ohio untuk memperlebar tenggorokannya menggunakan tulang rawan dari tulang rusuknya.

Sekarang, Zoey sudah bisa berbicara. Dalam sebuah wawancara, ibunya menggambarkan kesedihan karena putrinya yang tidak bisa berbicara sama sekali.

"Saya hamil 20 minggu dan saat itu saya diberitahu bahwa Zoey didiagnosis menderita CHAOS atau Congenital High Airway Obstruction Syndrome," ujarnya.

Ini merupakan kondisi di mana tenggorokan dan pita suara janin terhambat.

Para ilmuwan masih belum yakin apa penyebabnya, tetapi mereka percaya itu mungkin berasal dari jalan napas yang menyempit atau bagian dari trakea yang hilang, menurut UCSF Benioff Children's Hospital.

Janin yang lahir dengan kondisi ini memiliki paru-paru yang membesar, cairan di perut dan gagal jantung karena obstruksi jalan napas.

Perawatan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Jika penyumbatannya kecil, maka pembedahan minor diperlukan untuk memperbaiki.

Namun, jika penyumbatannya parah, bayi memerlukan tabung trake. Tabung ini dipasang langsung ke tenggorokan.

Zoey saat ini dalam terapi wicara tetapi ibunya mendorongnya untuk tetap menggunakan bahasa isyaratnya bersama dengan kata-kata.

Amberlee menambahkan, "Hal terbesar adalah tidak menyerah bahkan ketika kamu berpikir sesuatu yang buruk akan terjadi." (HiMedik.com/Yuliana Sere)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini