Buah Melon, Camilan Sehat yang Kaya Vitamin

Ingin makan camilan sehat sesudah makan siang? Pilih saja buah melon.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Buah Melon, Camilan Sehat yang Kaya Vitamin
Buah melon punya banyak nutrisi. (shutterstock)

Suara.com - Buah Melon, Camilan Sehat yang Kaya Vitamin

Ingin makan camilan sehat sesudah makan siang? Pilih saja buah melon. Ya, buah berwarna hijau dengan rasa manis ini punya banyak manfaat sehat dan kaya vitamin.

Dikutip Himedik dari Livestrong, buah melon merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Satu cangkir buah melon mengandung 64 kalori saja, cocok untuk dijadikan camilan sesudah makan.

Terlabih, buah melon juga tak mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Buah melon juga mengandung empat nutrisi penting, apa saja?

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan dalam tubuh. Vitamin C juga berfungsi dalam penyembuhan luka dan perbaikan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Orang dewasa harus mengonsumsi 90 mg vitamin C per hari. Satu cangkir melon memberikan 65 mg vitamin C. Satu cangkir casaba melon menyediakan 37 mg vitamin C, dan melon madu menyediakan 30 mg.

Vitamin A

Vitamin A penting untuk kesehatan gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Ini membantu sistem penglihatan dengan memberikan kesehatan retina.

Ilustrasi melon Yubari. (Shutterstock)
Buah melon punya banyak kandungan nutrisi penting. (Shutterstock)

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Melon mengandung vitamin A tinggi, dengan lebih dari 25 persen dari jumlah harian yang disarankan dalam porsi 1 cangkir.

Kalium

Kalium adalah mineral penting dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Mengonsumsi jumlah kalium yang cukup dalam makanan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi dampak dari makanan yang mengandung banyak sodium.

Orang dewasa harus menerima 4700 mg potasium per hari. Melon mengandung kalium tinggi, dengan 473 mg dalam porsi 1 cangkir. Honeydew mengandung 403 mg per sajian dan melon lainnya memiliki kadar yang lebih rendah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini