Ini Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat ke Malaysia

Apa alasan masyarakat Indonesia memilih berobat ke Malaysia?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Ini Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat ke Malaysia
Alasan masyarakat Indonesia berobat ke Malaysia. (Shuttterstock)

Suara.com - Ini Alasan Masyarakat Indonesia Memilih Berobat ke Malaysia

Malaysia menjadi destinasi utama bagi banyak wisatawan kesehatan Indonesia. Kira-kira, apa ya sebabnya?

Menurut Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Nik Yazmin Nik Azman, di tahun 2018 lebih dari 670 ribu masyarakat Indonesia yang melakukan perawatan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap di berbagai rumah sakit di Malaysia.

Lebih lanjut Nik mengatakan, bahwa hal ini tidak terlepas dari tiga keunggulan yang dimiliki oleh dunia kesehatan Malaysia, di antaranya adalah layanan kesehatan dengan kualitas international, biaya yang terjangkau, dan kemudahan akses.

"Cost memang jauh lebih terjangkau. Pasien yang datang ke Malaysia, yang sebelumnya pernah berobat di negara lain mengakui bahwa di Malaysia mereka bisa mendapatkan servis yang sama dengan cost yang rendah. Segi akses juga. Kalau mau berjumpa dengan spesialis, bisa kapan saja tanpa harus buat janji berhari-hari," ungkap Nik dalam temu media di Jakarta, Kamis (14/2/0219).

Biasanya, kata Director & Market Development MHTC for Indonesia, Farah Delah Suhaimi, kebanyakan masyarakat Indonesia datang ke Penang, Malaka, dan Kuala Lumpur untuk menjalani pengobatannya.

Farah juga mengungkap, jantung, kanker, dan orthopedi menjadi tiga penyakit teratas yang membuat masyarakat Indonesia datang ke Malaysia untuk berobat.

Pameran tentang perawatan kesehatan di Malaysia ini bisa Anda kunjungi pada 15-17 Februari 2019 di Central Park Mall. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Pameran tentang perawatan kesehatan di Malaysia ini bisa Anda kunjungi pada 15-17 Februari 2019 di Central Park Mall. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Sementara untuk program kehamilan, permintaan untuk program bayi tabung juga diklaim semakin meningkat.

"Kami juga punya layanan khusus, tergantung dari kota mana pasien datang di Indonesia. Misalnya mau ke rumah sakit di Penang, mereka akan disambut airport, bawa ke hotel semua diurus. Tinggal hubungi kantor MHTC saja di Jakarta atau situs kami yang berbahasa Indonesia, kami akan bantu secara keseluruhan," kata Farah.

Malaysia Healthcare Travel Council menawarkan 76 layanan dan fasilitas rumah sakit yang dapat dipilih oleh para pasien. Tidak hanya itu, MHTC juga telah mendirikan kantor perwakilan di sejumlah pasar utamanya (Indonesia, Vietnam, Myanmar, Tiongkok dan yang terbaru, India) untuk meningkatkan tingkat aksesibilitas bagi para wisatawan kesehatan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini