Bayi Ini Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh, Kayak Apa Bentuknya?

Bagaimana bisa ada jantung di luar tubuh?

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa
Bayi Ini Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh, Kayak Apa Bentuknya?
Ilustrasi perawatan wajah bayi. (Shutterstock)

Suara.com - Seorang bayi terlahir dengan kondisi jantung di luar tubuh mungilnya. Apa yang terjadi dengan bayi yang kemudian diberi nama Vanellope Hope Wilkins ini?

Vanellope terlahir prematur dengan kondisi langka yang disebut ectopia cordis. Kondisi ini membuat ia terlahir dengan posisi jantung di luar tubuh.

Melansir dari Inside Edition, Vanellope lahir pada 22 November 2017. Sejak saat itu, dia menjalani tiga operasi sebelum akhirnya bisa pulang ke rumah.

Namun, kenyataan berkata lain. Setelah menjalani kehidupan hampir 15 bulan, dia pergi untuk selamanya.

''Luar biasa, ini melegakan. Semua sudah berakhir, terlepas dari janji yang kita buat. Dia sudah bukan pasien rawat inap lagi,'' kata ibunya, Naomi Wilkins.

Ilustrasi perempuan melahirkan (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan melahirkan (Shutterstock)

''Kami telah melihat perubahan dia dari bayi hingga menjadi gadis kecil dengan karakter, senyum, dan berinteraksi. Ia terlihat seperti balita normal,'' ujar Dr. Patrick Davies, konsultan di Children's Pediatric Care.

Vanellope diyakini sebagai anak pertama yang lahir di Inggris dengan kondisi jantung di luar tubuh. Naomi mengungkapkan Vanellope menjadi anak yang berbeda ketika berada di rumah, dibandingkan ketika dia berada di rumah sakit.

''Dia sangat berhati-hati terhadap orang-orang tetapi di rumah dia hanya akan berteriak pada ibunya dan melakukan apapun yang dia mau,'' kata Naomi. (Himedik.com/Yuliana Sere)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini