Lidah Geografis hingga Berbulu Hitam, 5 Masalah Mulut yang Jarang Diketahui

Lidah berbulu hitam adalah Gangguan yang berasal dari lapisan gelap ketika ada penumpukan protein keratin di mulut.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Lidah Geografis hingga Berbulu Hitam, 5 Masalah Mulut yang Jarang Diketahui
Ilustrasi lidah (Shutterstock)

Suara.com - Beberapa masalah yang menyerang kesehatan manusia mungkin sudah familiar. Namun, mungkin belum banyak orang yang tahu mengenai gangguan mulut yang tidak biasa ini.

Di antaranya adalah lidah berbulu hitam, sindrom mulut terbakar, dan masih banyak lagi. Dirangkum HiMedik dari laman WebMD berikut penjelasan lengkapnya.

1. Lidah Berbulu Hitam

Gangguan lidah ini berasal dari lapisan gelap ketika ada penumpukan protein keratin di mulut. Alhasil penderita mungkin merasakan perasaan tersedak atau menggelitik di atap mulut dan bau mulut.

Untungnya, gangguan ini tidak berbahaya. Untuk mengatasinya, jaga kebersihan gigi dan gunakan pengikis lidah. Jika tak kunjung hilang, segera temui dokter.

Ilustrasi gangguan lidah. (Pixabay/RyanMcGuire)
Ilustrasi gangguan lidah. (Pixabay/RyanMcGuire)

2. Lidah pecah-pecah

Bentuknya seperti lekukan di bagian atas lidah, mendalam di tengah, atau celah dangkal. Hingga sekarang tidak diketahui penyebab lidah pecah-pecah, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena tidak menular atau berbahaya.

3. Sindrom mulut terbakar

Mereka yang mengalami sindrom ini merasa seperti baru saja meneguk kopi panas. Rasa terbakar cenderung semakin buruk seiring berjalannya hari.

Tidak ada yang tahu penyebab pastinya. Beberapa ahli mengira itu masalah saraf, tetapi juga terkait dengan kondisi seperti refluks asam dan menopause.

Pengobatan pun tidak ada, tetapi dokter gigi mungkin menyarankan penderita melakukan beberapa perubahan, seperti mengganti pasta gigi.

llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

4. Lidah geografis

Orang dengan kondisi ini memiliki bercak merah di sekitar sisi lidah mereka. Bintik-bintik ini dapat berlangsung hanya beberapa jam atau beberapa bulan, dan terkadang dapat menyebabkan sensasi terbakar ringan.

Gangguan lidah ini tidak berbahaya, tapi kebanyakan orang agak terngganggu. Untuk mengatasinya, hindari makanan asam atau pedas.

5. Leukoplakia

Ini adalah bercak putih tebal yang ada pada gusi, bagian dalam pipi, atau bagian bawah mulut yang tidak dapat dihilangkan. Merokok atau iritasi (misalnya dari gigi palsu yang tidak pas) dapat menjadi penyebab leukoplakia.

Perawatan biasanya melibatkan penghentian apa pun yang mengiritasi mulut, tetapi dalam beberapa kasus, dokter dapat menghilangkan bercak dengan operasi.

Itulah lima gangguan mulut yang mungkin jarang diketahui. Semoga bermanfaat! (HiMedik.com/Dwi Citra Permatasari Sunoto)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini