Anak Sering Tak Mau Sarapan, Ini Tips dari Dokter Gizi

Dokter gigi punya tips bagi orang tua untuk mengatasi anak yang sering tak mau sarapan. Apa itu?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Anak Sering Tak Mau Sarapan, Ini Tips dari Dokter Gizi
Anak tak mau sarapan, ini tips dari dokter. (Shutterstock)

Suara.com - Anak Sering Tak Mau Sarapan, Ini Tips dari Dokter Gizi

Pentingnya sarapan demi prestasi anak di sekolah tak perlu diragukan lagi. Sayangnya, masih ada orang tua yang tidak kesulitan membuat anak untuk sarapan.

Nah, dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp.GK, dokter gizi klinik, memiliki tips bagi orang tua untuk mengatasi anak yang sering tak mau sarapan.

"Kalau anak kan pasti meniru orang tuanya. Jadi orang tuanya harus kasih contoh dulu dengan rutin sarapan bersama sekeluarga," tutur dr. Raissa, baru-baru ini.

Dikatakan dr. Raissa, sarapan bersama keluarga tak hanya membuat anak terbiasa sarapan, tapi juga bisa menjadi perekat hubungan antar anggota keluarga.

"Karena kalau kita paksa dia suruh sarapan sendiri, pasti anak malas. Makanya harus dibangun kebiasaan sarapan bersama keluarga," tambahnya lagi.

Sarapan penting bagi anak sebelum sekolah. (Shutterstock)
Sarapan penting bagi anak sebelum sekolah. (Shutterstock)

Bagaimana jika tidak sempat sarapan bersama keluarga di pagi hari? Dikatakan dr. Raissa, sarapan tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun.

Jika anak tak sempat sarapan di pagi hari, maka berikan ia bekal sarapan untuk dimakan saat dalam perjalanan menuju sekolah, atau sebelum bel masuk kelas berbunyi.

"Bisa dicari yang praktis namun tetap bernutrisi. Misalnya buah dan susu, makannya di kendaraan atau sebelum masuk sekolah. Yang penting jangan sampai lupa sarapan," tutupnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini