Gapai Manfaat Olahraga dengan Naik Tangga Hingga Beres-beres Rumah

Kegiatan ini memiliki manfaat besar untuk yang malas olahraga.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Gapai Manfaat Olahraga dengan Naik Tangga Hingga Beres-beres Rumah
Ilustrasi naik tangga (shutterstock)

Suara.com - Gapai Manfaat Olahraga dengan Naik Tangga Hingga Beres-beres Rumah.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh enam profesor di Universitas Sydney dan diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine dikatakan, beberapa tugas sehari-hari sebenarnya telah masuk dalam klasifikasi sebagai aktivitas fisik intensitas tinggi atau HIIPA.

Mengutip Newscom.au, HIIPA sendiri dianggap sebagai aktivitas yang singkat dan tajam yang menghabiskan energi setidaknya enam kali lebih banyak dari istirahat, kegiatan ini biasanya banyak dilakukan di kelas-kelas kebugaran.

Tapi ternyata, kegiatan tanpa struktur seperti berjalan, naik tangga hingga beres-beres rumah memiliki manfaat yang sama seperti berolahraga.

" HIIPA bisa bervariasi dari beberapa detik, seperti menaiki beberapa anak tangga mulai dari tiga hingga empat kali sehari, hingga beberapa menit atau bahkan beberapa jam seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau belanja," kata Professor Emmanuel Stamatakis.

Professor Emmanuel Stamatakis juga mengatakan bagaimana kegiatan sehari-hari yang lebih berat dapat membantu orang-orang yang kurang olahraga agar kesehatan mereka membaik serta membantu orang-orang dengan obesitas.

"Kegiatan yang teratur yang membuat Anda terengah-engah, bahkan untuk beberapa detik, memiliki manfaat besar untuk kesehatan," katanya kepada Perth Now.

Para peneliti juga mengatakan orang bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan dari melakukan tiga hingga lima tugas harian yang berat dengan total hanya lima hingga 10 menit sehari, dan dapat dilakukan dalam seminggu.

"Enaknya HIIPA dan ide melakukan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari adalah bahwa hal itu jauh lebih realistis dan dapat dicapai. Keuntungan praktis lainnya adalah nihil biaya, tidak perlu peralatan dan tidak ada kekhawatiran tentang kurangnya keterampilan atau kebugaran," tambah peneliti.

Sebelumnya dikatakan oleh studi Harvard Health Publishing, berjalan dengan kecepatan 5,6 km per jam atau sekitar 17 menit dapat membantu membakar 178 kalori, sementara 30 menit berkebun dapat membantu mengurangi 200 kalori.

Memotong rumput dan menanam pohon selama 30 menit akan membantu mengurangi 200 kalori, sementara bermain dengan anak-anak dapat mengurangi 178 kalori.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini